Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tiket Pesawat Mahal, AP II Prediksi Arus Mudik Tahun Ini Bakal Terjadi Penurunan 17 Persen

Moda transportasi yang kini ramai diperbincangkan dikarenakan harga tiketnya yang melonjak cukup fantastis adalah pesawat terbang.

Penulis: Maggang (mg) | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Muhammad Rizki
Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang,Chuanda. 

BANGKAPOS.COM-- Meskipun bulan suci Ramadan baru berjalan hampir sepekan, namun hiruk pikuk pembicaraan mudik lebaran sudah mulai santer diperbincangkan, mulai dari kapan waktu untuk mudik, hingga moda transportasi apa yang akan dipilih.

Moda transportasi yang kini ramai diperbincangkan dikarenakan harga tiketnya yang melonjak cukup fantastis adalah pesawat terbang.

Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Depati Amir kota Pangkalpinang, Chuanda memprediksi jika ditahun ini Bandara Depati Amir akan mengalami jumlah penurunan penumpang pesawat terbang yang cukup signifikan yaitu 17 persen dibandingkan dengan arus mudik lebaran tahun 2018 yang lalu.

Diakuinya masih tingginya harga tiket pesawat menjadi faktor utama hingga Bandara Depati Amir mengalami jumlah penumpang disaat arus mudik.

Ia  menjelaskan jika tren di Bangka Belitung, diminggu pertama-minggu ketiga bulan Ramadan penumpang cenderung turun dibanding hari biasa, barulah dari minggu ketiga-minggu keempat mulai terjadi peningkatan jumlah penumpang.

"Nah kalau itu sebenarnya kalau awal puasa sampai minggu ketiga puasa penumpang malah cenderung turun dari hari biasa, dan itu kebiasaan di bangka, nanti diminggu ketiga baru mulai naik lagi penumpang," jelas Chuanda, Jumat (10/5) kepada Bangkapos.com.

Ia menambahkan jika ditahun lalu untuk angkutan lebaran periode 29 Mei  hingga 13 Juni 2018 yang lalu jumlah penerbangan di Bandara Depati Amir sebanyak 826 penerbangan, sedangkan di periode yang sama ditahun ini  hanya akan ada 684 penerbangan, menurun 17 persen dibanding tahun lalu.

Sementara dari jumlah penumpang untuk periode lebaran 29 Mei  hingga 13 Juni 2018 ada 117.740 penumpang pesawat, sedangkan ditahun ini  hanya akan ada 75.199 penumpang di periode yang sama dengan tahun kemarin.

Dari data tersebut dapat dilihat jika puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 atau dihari Sabtu (1/6/2019) dan puncak arus balik akan terjadi pada H+3 atau dihari Minggu (09/06/2019) dan sampai saat ini belum ada maskapai yang mengajukan extra flight. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved