Berita Pangkalpinang

VIDEO: Tiga Kabupaten dan Kota di Babel Disurvei Indeks Kerukunan Umat Beragama

Hasil survei ini dapat berguna untuk memberi masukan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan yang lebih baik terkait kerukunan antar umat beragama

BANGKAPOS.COM -- Balai Penelitian Pengembangan (Balitbang) dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia melaksanakan survei Indeks Kerukunan Umat Beragama di 34 provinsi di Indonesia.

Untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dilaksanakan tanggal 8 Mei hingga 15 Mei 2019. Koordinator Peneliti Balitbang dan Diklat Kemenag RI, Reslawati mengatakan untuk wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ada 4 Kabupaten/Kota yang menjadi sasaran survei, yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Belitung Timur.

"Di Kota Pangkalpinang, kita mengambil sampel 10 orang responden pada 10 kelurahan yang telah ditentukan secara random, dibantu 10 orang pembantu lapangan dari para pegawai dan penyuluh agama di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang," kata Reslawati, Jumat (10/05/2019).

Dijelaskannya, tujuan diadakan survei untuk memetakan Indeks Kerukunan Umat Beragama secara berkala.

"Jadi kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2013 yang lalu,” ujar Reslawati.

Dijelaskannya, dalam survei nanti responden akan ditanyai beberapa hal yang terkait dengan kerukunan antar umat beragama di wilayahnya masing-masing dengan bersifat tidak menggiring, menekan apalagi mengintimidasi.

"Jadi mereka diharapkan dapat menjawab secara spontan apa yang mereka hadapi dan rasakan terkait masalah kerukunan di masyarakat," tukasnya.

Diharapkannya agar hasil survei ini dapat berguna untuk memberi masukan bagi pemerintah dalam membuat kebijakan yang lebih baik terkait kerukunan antar umat beragama.

"Pihak keamanan dan politisi juga bisa membuat langkah terobosan jika seandainya masyarakat berada dalam kondisi tidak aman dan nyaman," harapnya.

(Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved