Berita Pangkalpinang

Besok Pengumuman Kelulusan, Dindik Babel Imbau Tidak Konvoi dan Coret-coret Seragam

Sekitar 17 ribu siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Kepualuan Bangka Belitung akan mengetahui lulus atau tidaknya mereka pada Senin (13/5/2019) besok pagi.

Besok Pengumuman Kelulusan, Dindik Babel Imbau Tidak Konvoi dan Coret-coret Seragam
Dokumen Bangka Pos
Suasana kelulusan siswa di Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM - Sekitar 17 ribu siswa SMA/SMK/MA se-Provinsi Kepualuan Bangka Belitung akan mengetahui lulus atau tidaknya mereka pada Senin (13/5/2019) besok pagi. Seluruh sekolah dijadwalkan bakal mengumumkan kelulusan para siswa mereka masing-masing besok.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Babel M. Soleh mengimbau agar para siswa tidak perlu konvoi dan coret-coret seragam saat merayakan kelulusan ini.

"Jangan pakai motor sekaput-kaput, konvoi ke mana-mana. Itu tidak dibenarkan. Karena selain mengganggu arus lalu lintas, juga bisa membahayakan diri sendiri hingga kecelakaan. Kemudian jangan juga coret-coret baju. Apalagi ini bulan puasa, kumpulkan baju-bajunya, kalau masih bagus-bagus bisa disumbangkan kepada yang memerlukan," ucap Soleh, Minggu (12/5/2019).

Menurut Soleh, aksi coret-coret tak perlu dilakukan pada seragam sekolah. Siswa bisa menyediakan kain panjang jika memang ingin melakukan aksi tanda tangan sebagai bentuk kenang-kenangan.

"Bisa di kain panjang, tanda tangan saja di situ. Ini sudah kami sampaikan ke sekolah-sekolah. Ini juga setiap tahun, jadi sekolah harus bisa mengantisipasinya. Apalagi ini bulan puasa. Momen ini baiknya untuk ber-muhasabah lah," kata dia.

Teknis pengumuman kelulusan besok diserahkan ke masing-masing sekolah. Ada sekolah yang akan mengumumkan secara terbuka, online, mengundang siswa ataupun orangtua siswa.

"Karena yang menentukan kelulusan kan hasil rapat satuan pendidikan, dewan guru, dewan sekolah. Jadi teknisnya, mereka lah yang mengatur," kata Soleh.

Soleh meminta jika ada siswa yang belum lulus pada tahun ini untuk tetap semangat, belajar, dan tetap menyelesaikan pendidikannya. Adapun bagi siswa yang lulus diminta untuk tidak cepat berpuas diri.

"Sebab masih ada tugas yang lebib besar yakni melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Atau bagi anak-anak SMK, persiapkan diri untuk memasuki dunia usaha dan dunia industri," ucapnya.

(Bangka Pos / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved