Berita Bangka Selatan

Kesbangpol akan Data Ulang OKP dan Ormas di Bangka Selatan

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Badan Kesbangpol, akan memverifikasi ulang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Kesbangpol akan Data Ulang OKP dan Ormas di Bangka Selatan
ist Kesabangpol
Kepala Kesabangpol Basel, Doni 

BANGKAPOS.COM  -- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Badan Kesbangpol akan memverifikasi ulang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Langkah ini diambil Kesbangpol guna menertibkan administrasi dan menvalidasi keberadaan ormas di Bumi Junjung Besaoh.

Kepala Kesabangpol Bangka Selatan Doni mengatakan saat ini pihaknya mulai memverifikasi jumlah dan keberadaan Ormas tersebut.

Pihaknya mencatat saat ini sebanyak 84 ormas yang terbagi dalam beberapa bidang, seperti organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP), lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Saat ini kami mulai mendata sejumlah ormas. Sebanyak 84 ormas sudah terdata. Sedangkan 65 persen surat keterangan terdaftar (SKT) akan habis masa berlakunya tahun 2018 ini. Untuk itu kami harapkan Ormas dan OKP segera mengurus, sehingga kami bisa mengajukan ke Kemendagri untuk diperpanjang," ujar Doni, Minggu (12/5/2019).

Lebih lanjut dikatakan Doni sesuai aturan yang berlaku tahun ini pihaknya tidak lagi mengeluarkan SKT, namun peran Kesbangpol saat ini hanya memfasilitasi untuk mengajukan berkas tersebut ke mendagri untuk didaftarkan.

Sedangkan ormas yang telah terdaftar memiliki SK Kumham dari Dirjen AHU cukup melaporkan saja, sehingga dapat didaftarkan di Kesbangpol Bangka Selatan.

"Tahun ini kami hanya memfasilitasi pengajuan berkas ke Kemendagri dan tidak lagi mengeluarkan SKT. Jika ormas sudah memiliki SK Kemenkumham, mereka tidak usah lagi mendaftar ke mendagri cukup laporkan saja, maka akan kami langsung daftarkan di Kesbangpol Bangka Selatan," pungkasnya.

(Bangka Pos/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved