Idul Fitri 1440 H

THR Wajib Dibayar H-7 Meski Baru Sebulan Bekerja, Menteri Hanif Dhakiri Ajari Cara Menghitungnya

THR Wajib Dibayar H-7 Meski Baru Sebulan Bekerja, Menteri Hanif Dhakiri Ajari Cara Menghitungnya

THR Wajib Dibayar H-7 Meski Baru Sebulan Bekerja, Menteri Hanif Dhakiri Ajari Cara Menghitungnya
Tribunnews.com
Ilustrasi

BANGKAPOS.COM -- Tunjangan Hari Raya (THR) jadi pembahasan di bulan Ramadhan ini. Karena adalah sudah sesuai ketentuannya pemilik perusahaan memberikan THR kepada para pekerjanya jelang hari raya.

Kapan THR dibayar? dan bagaimana cara mengetahui besar kecilnya THR untuk seorang karyawan?

Melansir artikel dari kemenaker.go.id, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri meminta perusahaan membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat tujuh hari (H-7) sebelum Hari Raya Idul Fitri/Lebaran.

"THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan.

Kita minta perusahaan memastikan pembayaran THR sesuai dengan ketentuan yang berlaku ," kata Menaker Hanif di Jakarta pada Rabu (8/5).

Menaker Hanif mengatakan pemberian THR Keagamaan merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan pengusaha kepada pekerja. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016.

Besaran THR bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, memperoleh THR 1 bulan upah.

Sedangkan bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 1 bulan secara terus-menerus tetapi kurang dari 12 bulan, THR-nya diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan, yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan upah.

Sementara itu, bagi pekerja harian lepas yang mempunyai masa kerja 12 bulan atau lebih, besaran THR-nya berdasarkan upah 1 bulan yang dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan.

Sedangkan bagi pekerja lepas yang mempunyai masa kerja kurang dari 12 (dua belas) bulan, upah 1 bulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja.

Halaman
12
Editor: teddymalaka
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved