Hewan Mirip Undang Ini Punya “Baju Pelindung Logam"

Hirondellea gigas merupakan amphipod, hewan krustasea mirip udang yang hidup di perairan dalam.

Hewan Mirip Undang Ini Punya “Baju Pelindung Logam
Daiju Azuma
Hirondellea gigas, amphipod berzirah aluminium. 

BANGKAPOS.COM – Hewan bernama latin Hirondellea gigas sanggup menciptakan “baju pelindung” logamnya sendiri. 

Hirondellea gigas merupakan amphipod, hewan krustasea mirip udang yang hidup di perairan dalam.

Hewan ini pertama kali ditemukan lewat spesimen yang dikoleksi dari dasar Challenger Deep di Palung Mariana, dengan kedalaman lebih dari 10.000 meter di bawah permukaan laut.

Peneliti mengamati bahwa hewan ini memiliki cangkang yang unik, di mana lapisan gel aluminium hidroksida menutupi permukaan eksoskeletonnya.

Hal ini merupakan temuan yang tidak diduga sebelumnya, terutama karena aluminium jarang ditemukan di air laut, sehingga sulit digunakan untuk membentuk cangkang.

Meski demikian, aluminium dapat diperoleh di dasar sedimen lautan.

Untuk mengetahui bagaimana H. gigas memperoleh aluminium, tim periset memaparkan sedimen yang diambil dari Challanger Deep pada senyawa kimia di tubuh hewan ini.

Berdasarkan studi tersebut, didapatkan temuan bahwa dalam kondisi asam, sisa material nabati yang biasa dikonsumsi hewan ini dapat bereaksi dengan sedimen kaya logam sehingga membebaskan ion aluminium.

Saat ion aluminium dilepaskan dan mengalami kontak dengan air laut yang basa, maka ion akan mengalami transformasi menjadi gel aluminium hidroksida, yang melapisi cangkang hewan tersebut.

Keberadaan cangkang berlapis logam aluminium hidroksida ini diduga sebagai bentuk adaptasi terhadap kondisi ekstrem di kedalaman laut, yakni tekanan tinggi, suhu rendah, dan tingkat keasaman yang tinggi, sehingga menyebabkan larutnya kalsium karbonat, bahan utama penyusun cangkang krustasea.

Adanya lapisan logam ini dapat menjadikan “baju zirah” aman terhadap berbagai ancaman tersebut, sekaligus melindunginya dari gangguan predator potensial.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal PLOS ONE. ( Julio Subagio)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mirip Iron Man, Hewan Mungil ini Berbaju Zirah Logam Alumunium

Editor: tidakada015
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved