Berita Pangkalpinang

Raih Nilai UN Tertinggi di Babel, Akmal Jihad Pilih Jurusan Teknik Informatika: Peluangnya Besar

Akmal Jihad berhasil meraih nilai tertinggi Ujian Nasional tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 dengan nilai 387,5.

Raih Nilai UN Tertinggi di Babel, Akmal Jihad Pilih Jurusan Teknik Informatika: Peluangnya Besar
Bangka Pos/Krisyanidayati
Akmal Jihad. 

BANGKAPOS.COM  - Akmal Jihad berhasil meraih nilai tertinggi Ujian Nasional tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019 dengan nilai 387,5.

Remaja kelahiran Jakarta 1 Juli 2001 lalu, tidak hanya menyabet nilai UN tertinggi, dirinya juga berhasil meraih nilai matematika dengan nilai sempurna yakni 100.

Dengan mengenakan jas berwarna hitam dan kacamata yang membingkai di matanya, ia tampak sumringah menerima penghargaan yang diberikan pihak sekolah.

Bagi Akmal, keberhasilan yang diraihnya merupakan doa dari orang tua dan teman-temannya. Diakuinya memang, semenjak tiga bulan menjelang Ujian Nasional dirinya konsisten untuk mengulang soal-soal latihan selama dua jam per hari.

Remaja yang memiliki hobi membaca ini, sangat percaya dengan kekuatan doa. Kemampuannya dibidang matematika tidak hanya untuk dirinya. Namun, dirinya kerap membuat kelompok belajar bersama dengan teman-teman satu sekolah maupun teman-teman beda sekolah.

Akmal menceritakan, dirinya bersama sekitar 10 orang siswa SMK kerap belajar matematika bersama, semakin dia berbagi ilmu dengan teman-temannya maka semakin paham dirinya dalam mengerjakan soal-soal.

"Usaha dan doa yang dilakukan mungkin hampir sama dengan teman-teman lain, atau mungkin banyak yang lebih dari saya. Tapi tiga bulan sebelum UN saya konsisten tiap hari selama 2 jam bahas soal. Terus saya ada kelompok belajar sama teman-teman, kami juga ada yasinan bersama. Mungkin dia teman-teman itulah yang mengantarkan saya meraih ini, karena semakin saya  membantu teman-teman saya semakin paham mengerjakan soal," katanya ditemui bangkapos.com disela-sela prosesi wisuda SMAN 1 Pangkalpinang, di Soll Marina Hotel, Senin (13/5/2019).

Ia membeberkan, sepekan sebelum UN SMA dirinya masih terus membantu teman-temannya di sekolah lain untuk memahami matematika.

"Saya rasa ini doa teman-teman, jadi kan SMK UN duluan setelah itu baru SMK, saya bantu teman-teman SMK ada sekitar 10 orang belajar matematika, setelah itu saya minta doa mereka supaya UN saya juga lancar," sebutnya.

Dirinya bahkan sempat tak percaya bisa meraih nilai 100 pada Pelajaran matematika,  pasalnya saat UN lalu ada beberapa soal yang menurutnya sulit sehingga dikerjakan dengan sebisanya.

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved