Berita Pangkalpinang

Penentuan Zakat Fitrah dan Maal Warga Pangkalpinang, Kemenag Survei Harga Beras dan Emas

Harga beras digunakan untuk acuan penentuan zakat fitrah dan harga emas digunakan dalam penentuan zakat maal.

Penentuan Zakat Fitrah dan Maal Warga Pangkalpinang, Kemenag Survei Harga Beras dan Emas
Bangka Pos/Edwardi
Rissa Mulia Artha, Kasi Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM  -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang melalui Penyelenggara Syariah akan menggelar rapat Penentuan Besaran Zakat Fitrah dan Zakat Maal (Harta) untuk wilayah Kota Pangkalpinang Tahun 1440 H/2019 pada hari Rabu, 15 Mei 2019.

"Untuk rapat besok kita telah mengundang beberapa pihak terkait, yakni Pemkot Pangkalpinang, Pengadilan Agama, MUI, Baznas, KUA dan Ormas Islam di wilayah Kota Pangkalpinang," kata Rissa Mulia Artha, Kasi Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang di kantornya, Selasa (14/05/2019).

Rissa menambahkan ia juga telah mengutus Staf Pelaksana Penyelenggara Syariah, Ustadz Philip Bahari, untuk melakukan survei dan pengecekan harga bahan makanan pokok (beras) dan harga emas di tingkat pedagang di wilayah Kota Pangkalpinang.

"Survei dan pengecekan harga beras dan emas sangatlah penting untuk dilakukan, karena kedua komoditi itu merupakan patokan dalam perhitungan nisab zakat," ujar Rissa.

Dijelaskannya, harga beras digunakan untuk acuan penentuan zakat fitrah dan harga emas digunakan dalam penentuan zakat maal.

"Untuk tahun 2018 yang lalu, zakat fitrah untuk wilayah Kota Pangkalpinang dengan Beras sebanyak 2,5 kg dengan standar harga beras Rp 12.500/kg atau disetarakan dengan uang Rp 31.250 dibulatkan menjadi Rp. 32.000," ungkapnya.

Sedangkan untuk zakat maal (harta) dilaksanakan apabila telah mencapai nisab 227 mata atau 85 gram emas dalam khaul (masa simpan) selama satu tahun, dengan standar harga emas Rp 227.000/mata atau Rp 600.000/gram. Bila disetarakan dengan uang, nisab zakat maal tahun 2018 lalu adalah Rp 51.075.000.

“Untuk tahun ini sepertinya tidak ada perubahan yang signifikan dari tahun sebelumnya karena berdasarkan hasil survei, harga kedua komoditi tersebut masih relatif sama dengan tahun kemarin,” tukas Rissa.

(Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved