Berita Pangkalpinang

Samakan Upaya Preventif Penanganan Illegal Mining, Pemprov Hadiri Rakor Penanganan Potensi Konflik

Dalam rakor tersebut pembahasan difokuskan pada penyamaan persepsi seluruh instansi terkait dalam pelaksanaan langkah-langkah preventif

Samakan Upaya Preventif Penanganan Illegal Mining, Pemprov Hadiri Rakor Penanganan Potensi Konflik
Istimewa
Samakan persepsi upaya preventif penanganan ilegal mining, Pemprov hadiri rakor penanganan potensi konflik 

BANGKAPOS.COM - Mencuatnya kembali permasalahan illegal mining atau pertambangan illegal yang merambah hutan lindung dan daerah aliran sungai (DAS) di beberapa wilayah yang ada di Kepulauan Bangka Belitung, mendapatkan perhatian dari pemerintah dan pihak aparat keamanan.

Untuk itu, guna membahas upaya preventif dan penanggulangan permasalahan yang terjadi, POLDA Kep. Bangka Belitung hari ini Selasa (14/05) bertempat di Ruang Rupatama Polda Kep. Bangka Belitung, menginisasi rapat koordinasi tentang potensi konflik yang menggangu stabilitas Kamtibnas dengan melibatkan lintas instansi di antaranya aparat TNI, BINDA Kep. Bangka Belitung serta perwakilan dari pihak OPD dil ingkungan pemerintah provinsi dan kabupaten.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Tarmin selaku kepala KESBANGPOLINMAS Provinsi Kep. Bangka Belitung usai mengikuti rapat.

“Jadi hari ini kita (red : baca pihak pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten) mendapatkan undangan dari pihak POLDA untuk membahas rencana kita tentang penertiban tambang-tambang illegal secara umum,” ungkap Tarmin.

Dijelaskan Tarmin dalam rakor tersebut pembahasan difokuskan pada penyamaan persepsi seluruh instansi terkait dalam pelaksanaan langkah-langkah preventif atas persoalan yang terjadi sehingga tidak menimbulkan dampak negatif di masyarakat.

“Dalam rakor tadi pertama adalah menyamakan persepsi di antara aparat-aparat terkait dalam penertiban ini supaya satu bahasa tidak ada lagi bahasa-bahasa lain dalam rangka penertiban dan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan dan tidak menimbulkan konflik sosial di masyarakat,’' jelas Tarmin.

Ditambahkan Tarmin adapun langkah preventif yang direncanakan akan dilakukan oleh pihak aparat keamanan bersama dengan pemerintah adalah melalui melakukan sosialisasi awal kepada pihak pelaku tambang illegal untuk tidak melakukan aktivitas penambangan secara illegal dan terkait rencana penindakan.

“Dan akan dilakukan sosialisasi dahulu kepada mereka (red: baca pihak penambang illegal) supaya nanti setelah dilakukan sosialisasi baru diadakan lagi penertiban dengan penindakan seperti itu rencananya,” jelas Tarmin.

Adapun rapat koordinasi siang itu dipimpin oleh KARO OPS KAPOLDA Kep. Bangka Belitung, Sihar Manurung dan juga turut dihadiiri oleh Sekretaris Daerah Kep. Bangka Belitung, Yan Megawandi (*).

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved