VIDEO : Kerukunan Umat Beragama Hasil Survei Kemenag RI di Babel Tinggi

Diakuinya, ia sempat memonitor langsung ke lapangan mendampingi enumerator (pembantu lapangan) saat melakukan survei dan bertemu langsung

BANGKA POS.COM, BANGKA -- Koordinator Peneliti Survei Indeks Kerukunan Umat Beragama Balai Litbang Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Reslawati mengapresiasi tingginya tingkat Kerukunan Umat Beragama (KUB) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya wilayah Kota Pangkalpinang.

"Ada sebuah catatan penting bagi kami, Alhamdulillah tingkat kerukunan umat beragama masyarakat Bangka Belitung di Bulan Suci Ramadan ini luar biasa baik,” kata Reslawati di ruang Subbag Hukum dan KUB Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (14/05/2019).

Diakuinya, ia sempat memonitor langsung ke lapangan mendampingi enumerator (pembantu lapangan) saat melakukan survei dan bertemu langsung dengan para lurah dan masyarakat setempat.

"Kami menilai kerjasama tim di wilayah Kota Pangkalpinang sudah berjalan dengan baik sekali. Saya juga sempat melihat beberapa hal yang terjadi di lapangan, bahwa masyarakat tidak menjadikan persoalan dalam hal perbedaan agama, untuk interaksi sosial mereka telah terbiasa bertoleransi dan bekerja sama,” ujar Reslawati.

Menurutnya tingkat kerukunan umat beragama di Provinsi Kep Babel ini dapat menjadi suatu hal yang patut dicontoh oleh provinsi lain di seluruh wilayah Indonesia.

“Insya Allah hasil survei ini kedepannya akan menjadi solusi penawaran program kebijakan Kementerian Agama terkait Kerukunan Umat Beragama untuk tingkat nasional,” tukasnya.

Dijelaskannya, ada satu hal yang menarik perhatian saat turun langsung ke lapangan, yakni walaupun di tingkat pusat terjadi gejolak terkait dinamika politik pasca pilpres dan pileg, namun di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya Kota Pangkalpinang masih tetap adem ayem saja.

“Hal ini tentunya juga menjadi prestasi yang besar bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dimana masyarakatnya tidak terlalu mempersoalkan hasil pilpres dan pileg, sehingga tidak menimbulkan gejolak dalam kehidupan bermasyarakat,” imbuhnya.

Reslawati mengucapkan terima kasih atas bantuan enumerator (pembantu lapangan) yang telah membantu terlaksananya survei ini sehingga dapat berjalan dengan sukses.

"Kami berharap agar tingkat kerukunan yang telah tercipta ini dapat terus terjaga dengan baik," harapnya. (Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved