Berita Pangkalpinang

10 Tahun Babel Tanpa Thermal Scanner

Penempatan thermal scanner ini, berfungsi sebagai deteksi awal masuknya berbagai jenis penyakit atau virus baik melalui pelabuhan atau pun bandara.

10 Tahun Babel Tanpa Thermal Scanner
Bangka Pos/Muhammad Rizki
Sirjon Sihotang Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM  - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas III Pangkalpinang Sirjon Sihotang mengatakan jika dalam kisaran sepuluh tahun terakhir baik bandara maupun pelabuhan yang berada di provinsi Bangka Belitung, tidak memiliki Thermal Scanner (alat pengukur suhu tubuh).

Hal ini dikarenakan usia dari thermal scanner yang sudah sangat tua, ketika ditanya pasti usia dari thermal scanner tersebut Sirjon mengatakan jika dirinya tidak ingat persis berapa usianya. 

"Thermas scanner kita yang ada ini umurnya sudah sekitar 15 tahun, dan sekarang sudah rusak, karena faktor usia," ujar Sirjon, Rabu (15/5) saat ditemui diruang kerjanya.

Padahal ia mengatakan jika penempatan thermal scanner ini, berfungsi sebagai deteksi awal masuknya berbagai jenis penyakit atau virus baik melalui pelabuhan atau pun bandara.

Terlebih lagi sekarang sedang santer kasus cacar monyet (monkeypox) yang ditemukan di Singapura, yang notabene Bandara Internasional H.A.S. Hanandjoeddin di Belitung yang memiliki penerbangan langsung dari Singapura.

Menanggapi hal tersebut Sirjon mengatakan jika dari awal thermal scanner itu rusak, kepala kantor yang dulu juga sudah menyampaikan ke pusat, mengingat jika pengadaan barang ini hanya bisa dilakukan oleh pusat. Namun sudah sepuluh tahun hasilnya nihil. Sampai saat ini Bangka Belitung belum mendapatkan thermal scanner pengganti.

Sirjon mengatakan jika alasan keterbatasan anggaran dan pengadaan thermal scanner juga lebih diprioritaskan kepada bandara yang memiliki penerbangan internasional.

Sedangkan bandara Depati Amir di Bangka hingga sekarang masih melayani rute domestik, dan bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Belitung masi relatif baru sebagai bandara Internasional, sehingga menurutnya hal tersebutlah yang menjadi pertimbangan pusat untuk belum mengirimkan thermal scanner pengganti.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved