Berita Pangkalpinang

Inilah 5 Hasil Keputusan Rapat Penentuan Zakat Fitrah, Maal dan Fidyah untuk Warga Pangkalpinang

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang menggelar rapat penentuan besaran zakat fitrah dan zakat maal (harta)

Inilah 5 Hasil Keputusan Rapat Penentuan Zakat Fitrah, Maal dan Fidyah untuk Warga Pangkalpinang
Bangka Pos/Edwardi
Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang menggelar rapat penentuan besaran zakat fitrah dan zakat maal (harta) untuk wilayah Kota Pangkalpinang Tahun 1440 H/2019 di aula Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Rabu (15/05/ 2019). 

BANGKAPOS.COM  -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang menggelar rapat penentuan besaran zakat fitrah dan zakat maal (harta) untuk wilayah Kota Pangkalpinang Tahun 1440 H/2019 di aula Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Rabu (15/05/ 2019).

Rapat dipimpin Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H Abdul Rohim dihadiri Disperindagkop Kota Pangkalpinang, Biro Kesra Kota Pangkalpinang, Pengadilan Agama Kota Pangkalpinang, Baznas Pangkalpinang, para Kepala KUA dan para pengurus ormas Islam, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah.

H Abdul Rohim mengatakan tujuan diadakannya rapat ini, selain sebagai media silaturahmi, juga untuk menentukan besaran zakat fitrah dan zakat maal jika dikonversi dengan uang, serta untuk menentukan besarnya fidyah yang harus dibayarkan oleh orang yang sudah tidak mampu lagi melaksanakan ibadah puasa.

“Dalam penentuan zakat fitrah ini, ada baiknya kalau kita mengambil patokan harga standar toko, bukan harga standar gudang, karena masyarakat membeli di toko, bukan langsung di gudang,” kata Rohim.

Diungkapkannya, Kemenag Pangkalpinang sudah mengutus staf pelaksana Penyelenggara Syariah untuk mengadakan survei harga beras sebagai patokan penentuan zakat fitrah dan harga emas sebagai patokan penentuan zakat maal.

“Sedangkan untuk fidyah sebaiknya diukur dengan standar makanan si pembayar fidyah, bukan standar makanan fakir miskin penerima fidyah tersebut,” ujar Rohim.

Rohim berharap seluruh masyarakat di wilayah Kota Pangkalpinang dapat menerima dan mempedomani hasil keputusan rapat bersama dalam pengelolaan zakat agar terwujud keseragaman dalam pelaksanaan zakat fitrah dan zakat maal di wilayah Kota Pangkalpinang. (Bangkapos com/Edwardi)

Berikut ini hasil keputusan rapat bersama :

1. Zakat Fitrah untuk Kota Pangkalpinang Tahun 1440 H/2019 dengan beras sebanyak 2,5 kg, standar harga Rp 13.000/kg atau disetarakan dengan uang menjadi Rp 32.500.

2. Bagi yang mengkonsumsi beras dengan harga di atas atau di bawah harga standar Rp 13.000/kg, wajib mengeluarkan zakat fitrah sesuai dengan beras yang dikonsumsi yang bersangkutan.

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved