Berita Pangkalpinang

Siasati Kekurangan Guru, Ini Alternatif Dindikbud Pangkalpinang Termasuk Mempekerjakan Guru Pensiun

Banyaknya guru yang pensiun ini tentunya dapat berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah.

Siasati Kekurangan Guru, Ini Alternatif Dindikbud Pangkalpinang Termasuk Mempekerjakan Guru Pensiun
Dokumen Bangka Pos
Kepala Dindikbud Pangkalpinang, Eti Fahriaty 

BANGKAPOS.COM  - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pangkalpinang, Eti Fahriaty, mengatakan, alternatif yang digunakan untuk menyiasati kekurangan guru yang akan pensiun tahun ini, dengan meminta guru yang pensiun tersebut untuk tetap mengajar.

Sesuai saran dari Kementerian Pendidikan untuk mempertahankan guru yang pensiun agar dapat kembali mengajar, namun dengan catatan kondisi kesehatannya masih kuat dan yang bersangkutan pun menerima tawaran.

Nantinya, pembayaran guru pensiun yang mengajar kembali itu akan diberikan sesuai gaji pensiun sehingga diharapkan berbeda dengan guru honorer.

Eti menuturkan, tahun 2019 ada 57 guru Sekolah Dasar dan enam guru Sekolah Menengah Pertama yang akan pensiun. Banyaknya guru yang pensiun ini tentunya dapat berpengaruh terhadap proses pembelajaran di sekolah.

"Sebenarnya bisa kalau diakomodir guru honorer. Tapi sementara ini guru honorer kan disetop karena tidak lagi dibayar melalui dana operasional sekolah atau komite. Melainkan melalui APBD. Makanya kami berharap kalau begitu pemerintah adakan rekrutmen kembali untuk guru," tutur Eti, Rabu (15/5/2019).

Sementara, alternatif lain yang dilakukan apabila guru pensiun tidak mampu lagi diberdayakan, yakni dengan menjadikan kepala sekolah, khususnya di sekolah dasar untuk dapat mengajar di kelas terendah.

"Kalau guru SMP masih bisa diatur karena mereka ngajar per jam. Kalau guru kelas di SD itu yang rumit," papar dia.

Dia berharap pemerintah dapat segera melakukan rekrutmen kembali untuk tenaga pendidik. Pasalnya setiap tahun tentu ada guru yang akan pensiun. Eti menyebut, jangan sampai terjadi kekhawatiran akan kekurangan guru di Pangkalpinang.

(Bangka Pos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved