Advetorial

Tangkal Berita Hoax, Kemendagri RI Imbau Hanya Follow Akun Resmi

Berita-berita hoaks atau berita bohong semakin banyak bermunculan di dunia maya akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab

Tangkal Berita Hoax, Kemendagri RI Imbau Hanya Follow Akun Resmi
Ist
Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo 

BANGKAPOS.COM-- Berita-berita hoaks atau berita bohong semakin banyak bermunculan di dunia maya akibat ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini akan sangat merugikan masyarakat apabila mendapat informasi yang keliru.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi berita hoaks atau berita asli.

Pertama, hati-hati dengan judul yang provokatif. Berita hoaks seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif. Oleh karena itu, apabila menjumpai berita dengan judul provokatif perlu mencari referensi berita serupa dari situs online resmi.

Kedua, cermati alamat situs. Apabila berasal dari situs yang belum terverifikasi sebagai institusi pers resmi – misalnya menggunakan domain blog, maka informasinya bisa dibilang meragukan.

Ketiga, periksa fakta. Sebaiknya jangan cepat percaya apabila informasi berasal dari pegiat ormas, tokoh politik, atau pengamat. Juga perhatikan keberimbangan sumber berita, jika hanya ada satu sumber, pembaca tidak bisa mendapatkan gambaran utuh.

Keempat adalah cek keaslian foto. Pada zaman era digital, bukan hanya teks yang dapat dimanipulasi namun juga konten foto dan video. Cara untuk mengecek keaslian foto, bisa memanfaatkan mesin pencari Google dengan melakukan drag-and-drop ke kolom pencarian Google Images.

Untuk menangkal berita hoaks dan sebagai langkah antisipasi, Kementerian Dalam Negeri telah melakukan pengelolaan informasi dan komunikasi publik, yang menyajikan informasi mengeni program dan kebijakan secara lintas sektoral dan lintas daerah kepada publik dengan cepat, tepat, dan akurat melalui berbagai kanal informasi yang dimiliki.

Oleh karena itu, Kementerian Dalam Negeri mengimbau untuk hanya mem-follow akun-akun resmi sebagai sumber yang terpercaya. Berbagai kanal informasi resmi (official account) yang dimiliki oleh Kementerian Dalam Negeri:
1. Website : www.kemendagri.go.id
2. Facebook : @Kemendagri_RI
3. Twitter : @Kemendagri
4. Instagram : @kemendagri
5. Youtube : Kemendagri RI  

(Diskominfo Babel/Khalimo/Fitra)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved