Berita Pangkalpinang

Zakat Maal Bila Diberdayakan Dapat Menopang Ekonomi Umat

H Muhammad Ridwan memberikan apresiasi kepada Baznas Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/Kota atas keberhasilannya menumbuhkan kesadaran masyarakat

Zakat Maal Bila Diberdayakan Dapat Menopang Ekonomi Umat
(Bangkapos.com/Edwardi)
Seksi Pemberdayaan Zakat Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Sinkronisasi dan Evaluasi Program Zakat Maal (Harta) di Hotel Grand Bangka City Pangkalpinang, Kamis (16/05/2019).

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Seksi Pemberdayaan Zakat Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan Sinkronisasi dan Evaluasi Program Zakat Maal (Harta) di Hotel Grand Bangka City Pangkalpinang, Kamis (16/05/2019).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr H Muhammad Ridwan memberikan apresiasi kepada Baznas Provinsi dan BAZNAS Kabupaten/Kota atas keberhasilannya menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berzakat.

"Perlu ditumbuhkan lagi kesadaran berzakat terutama zakat maal, karena zakat maal ini berbeda dengan zakat yang lain, zakat maal bila diberdayakan dengan baik dapat menopang ekonomi umat," kata Ridwan.

Menurutnya, salah satu kewajiban institusional bagi aparat Kemenag adalah menggaungkan dan menanamkan kesadaran kepada masyarakat tentang kewajiban berzakat.

"Kami berharap forum ini menghasilkan formula sosialisasi yang efektif tentang zakat maal kepada masyarakat, baik dari segi regulasi maupun kemanfaatannya," ujar Ridwan.

Ditambahkannya, kerja sama lintas sektoral untuk menumbuhkembangkan zakat maal sangat dibutuhkan, baik dengan pemerintah daerah ataupun organisasi massa keagamaan.

"Masyarakat membutuhkan pengetahuan terutama dari Ulama dan para praktisi zakat tentang nisob maupun haul zakat,” tukasnya.

Diungkapkannya merunut dari asbabun nuzul, zakat yang diturunkan pada bulan Ramadan diberlakukan setelah Rasulullah hijrah ke Madinah menunjukkan aspek zakat ini mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat keimanan.

Sementara Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat Bidang Bimas Islam Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Babel, Dewi Rosaria Indah mengatakan dengan kegiatan ini diharapkan terwujud sinkronisasi pelaksanaan program dari lembaga zakat dalam hal pengelolaan zakat itu sendiri dan dapat terjalin koordinasi yang baik antar lembaga pengelola zakat di masing-masing kabupaten/kota, sehingga menghindari adanya tumpang tindih pelaksanaan program dan kegiatan.

“Kami juga berharap setelah ini dapat lebih mengoptimalkan peran Seksi Bimas Islam, Penyelenggara Syariah dan lembaga pengelola zakat di kabupaten/kota di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, khususnya dalam hal sosialisasi zakat, terutama zakat maal agar dapat benar-benar menyentuh seluruh masyarakat sehingga terwujud suatu masyarakat yang gemar berzakat,” harap Wiwik, panggilan akrabnya.

Dilanjutkannya, untuk ke depan akan terwujud suatu kekuatan zakat yang akan mampu menopang perekonomian bangsa yang kuat.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved