Berita Sungailiat

Pol PP Sita Mesin Robin Tambang Ilegal Perambah Lokasi SDN 6 Deniang

Aktifitas tambang timah ilegal (TI) masih marak di Kecamatan Riausilip Bangka. Tak hanya di sepadan pinggir Jalan Raya Desa Cit

Pol PP Sita Mesin Robin Tambang Ilegal Perambah Lokasi SDN 6 Deniang
Ist/Achmad Suherman
Tim Satpol PP Bangka menyita mesin robin tambang ilegal yang merambah lokasi bakal pembangunan SDN 6 Desa Deniang, Jumat (17/5/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Aktifitas tambang timah ilegal (TI) masih marak di Kecamatan Riausilip Bangka. Tak hanya di sepadan pinggir Jalan Raya Desa Cit, namun TI juga merambah lokasi pembangunan SDN 6 Desa Deniang.

Kali ini, Jumat (17/5/2019) Pol PP bertindak tegas, menyita peralatan tambang ilegal tersebut.

Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie diwakili Kabid Perundang-Undangan Achmad Suherman kepada Bangka Pos, Jumat (17/5/2019) mengatakan, penertiban dilakukan menyusul adanya laporan warga.dan berbagai pihak.

Laporan ditindak-lanjuti hingga berbuah pada penyitaan peralatan tambang.

"Kali ini aktifitas penambangan timah ilegal di lokasi yang akan dibangun sekolah SD Deniang Riausilip yang kita datangi. Aktifitas TI itu beroperasi sejak beberapa waktu lalu, dan menjadi sorotan warga," kata Kabid Perundang-Undangan Achmad Suherman kepada bangkapos.com, Jumat (17/5/1019).

Suherman menyayangkan, penambang nekad merambah lokaai yang baru saja dipersiapkan pemerintah untuk pembangunan SDN 6. Sekolah dasar yang dimaksud sebelumnya berada persis di pinggir Jl Raya Sungailiat-Belinyu, dekat Jembatan Desa Deniang. Karena SD ini sering dirambah banjir, maka pemerintah bermaksud memindahakan SDN ini ke lokasi baru.

"Namun lokasi yang sudah disiapkan malah dirambah oleh tambang ilegal," katanya.

Aktifitas tambang ilegal yang dimaksud tak hanya dilaporkan oleh warga, namun juga oleh Pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bangka kepada Pol PP Bangka. Mendapat laporan ini Pol PP dipimpin Danton Hery Hermanto langsung bergerak ke lokasi.

"Teryata ada TI mini di lokasi itu. Penambangnya melarikan diri saat didatangi. Kemudian kita ambil tindakan tegas menyita peralatan tambang seperti mesin robin penyemprot," kata Suherman memastikan TI yang dimaksud mencemari lingkungan.Bangkapos.com/Ferylaskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved