Berita Pangkalpinang

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun, Pengaruh High Season Bikin Penurunan Tidak Siginifikan

Tarif batas yang ini berbeda dengan yang sebelumnya, ada penurunan 12-16 persen, tapi rata-rata

Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun, Pengaruh High Season Bikin Penurunan Tidak Siginifikan
BANGKA POS / DEDY Q
Kepala Dishub Babel Tajuddin 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajjudin, mengatakan meskipun  tarif batas atas tiket pesawat telah diturunkan berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan nomor KM 106 Tahun 2019  hal ini tidak terlalu berdampak pada penurunan harga tiket pesawat. 

Tajjudin menyampaikan dalam tarif batas atas baru terjadi penurunan dari 12-16 persen dibandingkan tarif batas yang sebelumnya. 

"Tarif batas yang ini berbeda dengan yang sebelumnya, ada penurunan 12-16 persen, tapi rata-rata 15 persen memang. Walaupun mungkin tidak cukup signifikan tapi paling tidak merubah harga sebelumnya," kata Tajjudin Jum'at (17/5/2019). 

Tajjudin menyebutkan, saat ini dalam keadaan high season dimana permintaan harga tiket cukup tinggi untuk mudik. Sehingga, maskapai masih memberikan harga yang cukup tinggi lantaran permintaan yang tinggi. 

"Cuma ini kan momentum high season, mungkin tidak terasa penurunannya. Dianggap masih tinggi karena high season. Nanti akan terasa ketika mulai normal, mungkin terasa signifikansi penurunannya," kata dia. 

Dikatakannya, maskapai harus mengikuti ketentuan tarif batas atas harga tiket pesawat ini, meskipun dalam keadaan high season.

"Meskipun saat ini sedang high season, kita berharap ada pengaruh dengan turunnya harga tarif batas atas ini," katanya. 

Tajjudin menyampaikan, tarif batas atas yang terbentuk ini merupakan hasil perhitungan tim yang didalamnya termasuk biaya operasional, bahan bakar, jasa bandara, sumber daya manusianya.

"Harga ini terbentuk dari beberapa item, misalnya operasional, avtur, jarak juga disitu, masukan masyarakat dalam penentuan harga juga menjadi bahan pertimbangan penentuan tarif," sebutnya.

Menurutnya, jika maskapai tidak mengikuti ketentuan tarif batas atas ini maka akan diberikan sanksi langsung oleh kementerian perhubungan.  

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved