Berita Bangka Selatan

Honorer Bangka Selatan Tahun Ini Tak Terima THR, Ini Alasannya

Harapan Tenaga Honorer di Pemkab Bangka Selatan memperoleh THR seperti Kabupaten dan Kota di Babel menemui jalan buntu

Honorer Bangka Selatan Tahun Ini Tak Terima THR, Ini Alasannya
Istimewa
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM --  Harapan Tenaga Honorer di Pemkab Bangka Selatan memperoleh
Tunjangan Hari Haya (THR) seperti Kabupaten dan Kota di Babel lainnya sepertinya menemui jalan buntu.

Pasalnya sesuai Pedoman Umum (Pedum), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bangka Selatan, tidak ada petunjuk pengalokasian anggaran THR honorer. Begitu juga dengan tahun tahun sebelumnya.

"Dalam APBD 2019 Basel tidak alokasi anggaran untuk THR. Jadi sesuai pedum apbd tidak ada petunjuk pengalokasian anggaran untuk THR honorer, sama dengan seperti tahun sebelumnya," ujar Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kabupaten Bangka Selatan, Riswadi, Jumat (17/5/2019).

Ditegaskan Riswadi, alokasi yang dianggarakan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah melalui alokasi Dana Alokasi Umum (DAU) hanya untuk PNS, pejabat negara dan DPRD Basel namun tidak untuk Honorer.

"Kemendagri melalui dirjen keuangan daerah selaku pembina urusan penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri pun telah menyatakan bahwa tidak ada landasan hukum untuk melakukan pembayaran THR untuk honorer," tegas Riswadi.

Namun pernyataan Riswadi, soal tidak adanya landasan hukum untuk memberikan THR kepada Honorer ini, berbanding terbalik dengan pernyataan pihak Bakuda di daerah lain. Salah satunya, pemkot Pangkalpinang, yang mengucurkan THR bagi Honorer menggunakan alokasi APBD.

Riswadi juga enggan menjelaskan alasan Pemkab Bangka Selatan tidak mengalokasikan anggaran THR bagi tenaga honorer melalui APBD, seperti yang dilakukan pemerintah kota Pangkalpinang, Bangka Barat dan Kabupaten Bangka.

"Kami ikutin arahan dari peraturan yang ada," jelas Riswadi singkat.

(Bangka Pos/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved