Ramadan

Nuzulul Quran dan 4 Peristiwa Besar Bersejarah yang Terjadi di Momen 17 Ramadhan

17 Ramadhan selain momen turunnya Al Quran, juga memiliki keistimewaan lain. Peristiwa bersejarah dalam Islam dan Nusantara terjadi pada 17 Ramadhan.

Nuzulul Quran dan 4 Peristiwa Besar Bersejarah yang Terjadi di Momen 17 Ramadhan
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Karyawan Kalla Group memperingati momentum Nuzulul Quran dengan mengadakan khatam Al-Quran yang berlangsung di Mushalah Wisma Kalla lantai 4, Makassar, Senin (12/6/2017). Kegiatan yang bertepatan dengan 17 Ramadhan 1438 Hijriyah ini meriupakan salah satu tradisi amaliyah Ramadhan Kalla Group. 

BANGKAPOS.COM - Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan memperingati Nuzulul Quran atau malam diturunkannya Al Quran.

Nuzulul Quran diperingati setiap 17 Ramadhan yang pada tahun 2019 atau 1440 H ini jatuh pada Selasa (21/5/2019) malam.

17 Ramadhan selain momen turunnya Al Quran, juga memiliki keistimewaan lain. Peristiwa-peristiwa bersejarah dalam Islam dan Nusantara terjadi pada 17 Ramadhan.

1. Kemenangan Perang Badar

Tanggal 17 Ramadhan 2 H / 13 Maret 623 M umat muslim merayakan kemenangan di dalam Perang Badar Raya.

Peristiwa ini merupakan tonggak perjuangan umat muslim yang dipimpin Nabi Muhammad melawan orang-orang Quraisy yang selama 13 tahun melakukan penindasan terhadap kaum muslimin.

Pertempuran di Badar adalah pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya.

Perang ini terjadi pada 17 Maret 624 Masehi atau 17 Ramadhan 2 Hijriah.

Pasukan kecil kaum Muslim yang berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan Quraisy dari Mekkah yang berjumlah 1.000 orang.

Setelah bertempur habis-habisan sekitar dua jam, pasukan Muslim menghancurkan barisan pertahanan pasukan Quraisy, yang kemudian mundur dalam kekacauan.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved