Berita Belitung

Butuh Tiga Kali Transportasi, Warga Desa Seliu Beli Sembako dan BBM Lebih Mahal Dibanding Desa Lain

Orang Pulau Seliu jauh dari keramaian atau pasar sehingga harga pun meningkat.

Butuh Tiga Kali Transportasi, Warga Desa Seliu Beli Sembako dan BBM Lebih Mahal Dibanding Desa Lain
Pos Belitung/Yuranda
Penjual Bahan Bakar Minyak Sedang Merapikan Minyaknya, Senin (20/5/2019) 

BANGKAPOS.COM  - Harga telor ayam di Desa Pulau Seliu lebih tinggi dibandingkan dengan ‎desa lain yang ada di Kabupaten Belitung, Harga telur ayam mencapai Rp 2.500 per butir‎‎, sedangkan harga yang ada di pasaran hanya Rp 1.700 per butir.

"Kalau telur disini tinggi harganya karena fasilitas untuk mengambilnya jauh sedangkan masih melewati tiga kali transportasi. Pertama mobil dari pasar, kedua dari mobil langsung kepala laut, dari kapal laut ke gerobak. semua itu butuh ongkos," kata Ketua RT 05, RW 02, Desa Pulau Seliuk, Baharudin, kepada posbelitung.co, Senin (20/5/2019).

Namun hal itu tidak berpengaruh karena memang orang Pulau Seliu jauh dari keramaian atau pasar sehingga harga pun meningkat. Selain harga telur, harga sembako lain juga berbeda dengan keadaan yang ada di desa lain.

"Karena biaya angkutnya, orang juga pengen ada upah si untuk kerja mereka, harganya beda hampir Rp 5.000 dari harga di Tanjungpandan," katanya.

Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Pertalite, juga berbeda dengan yang lain, di desa pulau Seliu, harga BBM itu mencapai Rp 10.000 per liter sedangkan di daerah lain untuk harga eceran untuk premium dan pertalite Rp 8.000 per liter.

Smentara harga gas molen yang berukuran 3 kg seharga Rp 35.000 per buah dan gas yang berukuran 12 kg harga Rp 200.000. 

Warga Seliu, Iyas Budaya mengatakan untuk membawa bahan belanja seperti beras ongkosnya antar menggunakan mobil sekitar Rp 5.000, kapal laut Rp 3.000 dan gerobak Rp.1.500 per karungnya‎.

(Pos Belitung/Yuranda)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved