Berita Pangkalpinang

Noviar Targetkan Sebelum Lebaran Jembatan Emas Bisa Dilalui Kendaraan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Babel, Noviar Ishak menargetkan pekan depan jembatan ini sudah bisa dilintasi lalu lintas darat

Noviar Targetkan Sebelum Lebaran Jembatan Emas Bisa Dilalui Kendaraan
Dokumentasi Bangka Pos
Suasana Jembatan Emas terlihat lengang setelah dinyatakan berfungsi kembali pasca kerusakan. 

BANGKAPOS.COM - Hingga saat ini Jembatan Emas yang menjadi ikon Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum dapat beroperasional secara normal, lantaran masih dalam proses perbaikan paska terjadi kerusakan pada Februari lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Babel, Noviar Ishak menargetkan pekan depan jembatan ini sudah bisa dilintasi untuk lalu lintas darat.

"Waktu itu pondasinya rusak, sudah selesai diperbaiki empat-empatnya, padahal yang rusak hanya satu, tinggal tunggu masalah perpipaan hidrolik ini karena kemarin ada yang putus," kata Noviar, Senin (20/5/2019).

Pihaknya, menargetkan jelang lebaran jembatan ini akan bisa dilalui jalur darat untuk memperpendek jarak yang menghubungkan Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka.

"Target kami minggu ini selesai, sebelum cuti bersama ini sudah harus bisa dilalui," tambahnya.

"Hidroliknya udah oke, tinggal aksesoris," sebutnya.

Kepala Dinas PUPR Babel, Noviar Ishak
Kepala Dinas PUPR Babel, Noviar Ishak (Bangka Pos/Krisyanidayati.)

Disinggung nanti sistem buka tutup jembatan agar tak mengganggu lalu lintas kapal, Noviar menyebutkan untuk buka tutup tergantung pasang surut air laut.

Kedepan, pihaknya juga akan membatasi buka tutup jembatan ini sebagai upaya pemeliharaan.

"Kalau seandainya surut kita buka, kalau target kami kerja dengan SOP sehari paling tidak dua kali sehari jangan lebih dari itu. Memang kita juga harus memikirkan suplay bahan pokok, tapi Kalau udah bener enggak masalah, KSOP kan mintanya buka terus. Kita enggak bisa juga kan masyarakat juga butuh percepatan akses," sebutnya.

Noviar menegaskan, jembatan yang dibangun dengan anggaran multiyears ini tidak hanya digunakan sebagai ikon semata. Tetapi harus betul-betul difungsikan.

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved