Berita Pangkalpinang

Prediksi Cuaca dari BMKG di Babel Hujan Lebat Masih akan Terjadi Beberapa Hari Ke Depan

Angin kencang dan hujan lebat kembali dirasakan oleh warga kota Pangkalpinang di beberapa lokasi, satu diantaranya pada siang hari tadi,

Prediksi Cuaca dari BMKG di Babel Hujan Lebat Masih akan Terjadi Beberapa Hari Ke Depan
(BANGKAPOS.COM/Putrie Agusti Saleha)
Mendung 

BANGKAPOS.COM-- Angin kencang dan hujan lebat kembali dirasakan oleh warga kota Pangkalpinang di beberapa lokasi, satu diantaranya pada siang hari tadi, Senin (20/05/2019) di komplek perkantoran Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di kawasan kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung.

"Wee kenceng ge angin e," ujar seorang wartawan yang sedang bertugas, Senin (20/5) di Kantor DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji ketika dihubungi via WhatsApp (WA) mengatakan jika, saat ini hingga beberapa hari ke depan, massa udara basah terkonsentrasi di beberapa wilayah Indonesia termasuk wilayah Sumatera dan juga wilayah Bangka Belitung.

Di wilayah Babel untuk beberapa hari ke depan masuk ke dalam wilayah yang masih berpotensi mengalami curah hujan dengan intensitas sedang-lebat Hal ini dapat terjadi karena massa udara basah yang cukup melimpah dan didukung oleh labilitas atmosfer yang sedang-kuat di wilayah Babel sehingga sangat mendukung tumbuhnya awan-awan konvektif di wilayah Babel.

Namun Kurniaji menambahkan jika dalam beberapa saat lagi tepatnya di Dasarian ke dua bulan Mei 2019, Babel diprediksi akan resmi memasuki musim kemarau yang ditandai dengan perubahan total Angin Monsoon Barat Laut ke Angin Monsoon Tenggara. 

"Sehingga potensi turunnya hujan sedang-lebat juga akan semakin menurun terutama menjelang akhir ramadan dan Lebaran Idul Fitri 1440 H," ujar Kurniaji, Senin (25/5) kepada bangkapos.com.

Saat ditanyakan tentang kekuatan petir dan daerah rawan petir di Babel, Kurniaji mengatakan jika ia tidak bisa menjawab secara spesifik karena semua wilayah Babel punya potensi pertumbuhan petir yang sama sehubungan dengan wilayah Babel yang berupa daerah kepulauan yang dikelingi lautan.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu sedia payung atau jas hujan jika ingin berpergian keluar rumah, lebih waspada dalam berkendara dikarenakan kondisi jalan akan lebih licin, pastikan kelayakan kendaraan, selanjutnya untuk menghindari tempat-tempat terbuka (lapangan, sawah, dan laut) dan tempat tinggi saat ada petir atau kilat, dan jangan berlindung di bawah pohon saat angin kencang dan petir. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved