Berita Bangka Selatan

Tiga Laporan Money Politik di Bawaslu Basel Tidak Memenuhi Unsur

Tiga laporan dugaan Money Politik, yang masuk sentra Gakkumdu, pasca Pemilu 17 April 2019 tidak memenuhi unsur.

Tiga Laporan Money Politik di Bawaslu Basel Tidak Memenuhi Unsur
bangka pos / Anthoni Ramli
Komisioner divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HPPPS) Bawaslu Basel, Erik SH, Senin (20/5/2019)

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tiga laporan dugaan Money Politik, yang masuk sentra Gakkumdu, pasca Pemilu 17 April 2019 tidak memenuhi unsur.

Tidak terpenuhinya unsur pidana pemilu tersebut, membuat tim sentra gakkumdu yang melibatkan penyidik Bawaslu, Polres dan Kejari Basel, menghentikan penyelidikan.

"Sesuai dengan hasil pembahasan kedua di sentra gakkumdu tiga laporan dugaan money politik yang kami terima pasca pemilihan, tidak terpenuhi unsur pidana pemilu sebagaimana pasal yang disangkakan dalam dugaan tindak pidana pemilu," ujar komisioner divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HPPPS) Bawaslu Basel, Erik SH, Senin (20/5/2019).

Lanjut Erik, adapun alasan lain penyidik sentra gakkumdu menghentikan penyelidikan lantaran subjek hukum terlapor bukanlah sebagai pelaksana, peserta ataupun tim kampanye.

"Terhentinya dipembahasan kedua sentra gakkumdu dimana berdasarkan hasil klarifikasi subjek hukum terlapor bukanlah sebagai pelaksana, peserta dan atau tim kampanye sebagaimana dalam pasal 523 ayat 2 jo pasal 278 ayat 2 UU RI No. 7 tahun 2017," bebernya.

Diberitakan sebelumnya pasca Pileg dan Pilpres Pemilu 2019 17 April 2019 lalu, tiga laporan dugaan pelanggaran Pemilu, masuk ke Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan.

Ketiganya merupakan dugaan pelanggaran kampanye money Politik (Politik uang) yang diduga dilakukan sejumlah oknum caleg.

Komisioner Divisi Hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu, Erik SH, mengatakan ketiga laporan tersebut berkaitan praktik dugaan money politik yang dilaporkan Pasca Pemilu.

"Sejauh ini ada tiga laporan yang sudah kami register dan TL (Tindak Lanjuti). Semuanya laporan tersebut terkait dugaan money Politik semua," ujar Erik, Minggu (28/4/2019) lalu.

(Bangka pos / Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved