Berita Bangka Barat

Dilaporkan Langgar Administrasi Pencalonan Caleg, Arbiyanto Sebut Sudah Umumkan Statusnya di Media

Edi Irawan saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan terkait dengan caleg Demokrat Babar yang melanggar persyaratan administrasi pencalonan.

Dilaporkan Langgar Administrasi Pencalonan Caleg, Arbiyanto Sebut Sudah Umumkan Statusnya di Media
Dokumen Bangka Pos
Ketua Bawaslu Babel Edi Irawan 

BANGKAPOS.COM -- Calon anggota legislatif dari Partai Demokrat, Dapil Bangka Barat dilaporkan oleh Forum Peduli Masyarakat Tempilang "Betinten" ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Selasa (21/5/2019).

Ketua Forum Peduli Masyarakat Tempilang "Betinten" Suryadi mengatakan bahwa laporan mereka ke Bawaslu mempertanyakan kelengkapan administrasi Caleg Demokrat Dapil Babel atas nama Arbiyanto.

"Kita baru dapat informasinya seperti itu. Bagaimana bisa mantan narapidana bisa diloloskan jadi caleg. Kan dalam aturannya wajib mengumumkan ke publik melalui media massa. Kalau wajib kenapa dilanggar dan diloloskan jadi caleg, ini yang kita pertanyakan ke bawaslu," kata Suryadi.

Suryadi meminta Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menindaklanjuti temuan masyarakat tersebut. Jangan sampai proses pemilu dinodai hanya dengan permasalahan ini.

Dia menambahkan beberapa caleg lainnya mantan narapidana diperlakukan sesuai dengan aturan. Ada yang terpaksa didiskualifikasikan karena tidak memenuhi persyaratan.

Temuan Suryadi, Arbiyanto diketahui pernah dipenjara dan mantan narapidana di Bangka Barat. 

Demikian juga dengan Polres Bangka Barat juga menerbitkan SKCK atas nama Arbiyanto bahwa tidak pernah terpidana.

"Caleg ini kenapa tidak di diakualifikasikan sejak awal. Tapi belum terlambat, sebelum dilantik, Bawaslu harus mendiskualifikasikan caleg atas nama Pak Arbiyanto. Administrasi caleg ini banyak yang tidak sesuai," kata Suryadi.

Arbiyanto Sebut Sudah Ikuti Prosedur yang Ditetapkan KPU

Ketua Bawaslu Provinsi Babel, Edi Irawan saat dikonfirmasi membenarkan adanya laporan terkait dengan caleg Demokrat Babar yang melanggar persyaratan administrasi pencalonan.

Halaman
12
Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved