Berita Pangkalpinang

VIDEO : Udang Vaname 80 Kilogram Ludes dalam Satu Jam di Bazar DKP Bangka Belitung

Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Promosi Usaha Perikanan Nilawati, tidak butuh waktu lama untuk menjual udang jenis vaname

BANGKAPOS.COM  - Udang vaname yang dibanderol dengan harga 50 ribu/kg ludes diserbu oleh para pengunjung Bazar Produk Hasil Perikanan, di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selasa (21/05/2019).

Kepala Seksi Pelayanan Informasi dan Promosi Usaha Perikanan Nilawati, tidak butuh waktu lama untuk menjual udang jenis vaname. Hanya dalam waktu satu jam, stok udang sebanyak 80 kg ludes diserbu pengunjung, hal ini dikarenakan harga yang dijual dibawah harga pasaran.

Nila menambahkan jika dalam bazar yang dibuka untuk umum ini sebenarnya DKP meminta stok udang kepada suplier sebanyak 200 kg, namun karena sudah lewat dari masa panen, suplier hanya mampu memberikan stok sebanyak 80 kg.

"Karena memang sudah lewat masa panen, jadi kita cuma kebagian 80 kg," ujar Nila, Selasa (21/5) saat ditemui bangkapos.com di lokasi acara.

Ternyata hal inilah yang membuat kantor DKP Provinsi Bangka Belitung terlihat berbeda dari hari biasanya, meski gerimis mulai dari pagi sudah ramai warga yang berkunjung untuk membeli produk olahan ikan, seperti pempek, getas ikan, getas cumi, otak-otak, dan berbagai makanan hasil olahan ikan lainnya dijajahkan di halaman kantor DKP.

Tak hanya itu bazar yang akan diselenggarakan oleh DKP selama tiga hari ini, yang dimulai dari hari ini sampai dengan Kamis (23/05/2019) di halaman kantor DKP Provinsi Bangka Belitung juga menjual beragam produk dari olahan ikan, ikan giling, dan ikan utuh.

Sekretaris DKP Bangka Belitung Harun mengatakan jika peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan hari ini ada dari 18 UMKM yang diundang yang berasal dari beberapa kabupaten di Bangka Belitung. Kemudian dari ibu-ibu PKK, dan dari unit pengolahan ikan, beberapa ikan segar yang dijual adalah ikan singkur, ikan selar, ikan kerapu, cumi-cumi, dan udang.

Bazar kali ini dipenuhi peserta yang hadir dikarenakan dalam bazar kali ini harga yang dijual dibawah harga pasar. Harga yang dijual adalah harga dari pihak pertama atau dari produsen.

"Harganya bukan harga pasar, tetapi harganya langsung dari pihak pertama, sehingga harga produk yang dijual disini lebih miring dari harga pasaran," ujar Harun, Selasa (21/5) saat ditemui dilokasi bazar.

Bazar seperti ini sudah rutin diadakan oleh DKP, terutama menjelang hari besar, seperti lebaran idul fitri yang tak lama lagi akan segera tiba. Dengan target agar bisa lebih meningkatkan tingkat konsumsi ikan, dan meningkatkan produksi olahan berbahan dasar ikan.

"Dengan naiknya produksi olahan berbahan dasar ikan, maka otomatis tingkat konsumsi ikan di Bangka belitung juga naik," pungkas Harun.

(Bangkapos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved