VIDEO : Umat Islam Banyak Berkontribusi Terhadap Perkembangan Teknologi

Diungkapkannya, umat Islam pernah mencapai masa kejayaan setelah masa kenabian, antara lain pada masa Khulafarasyidin,....

BANGKA POS, BANGKA -- Umat Islam diciptakan Allah SWT sebagai umat terbaik di tengah-tengah manusia, sesuai dengan firman Allah dalam Surat Ali Imron Ayat 110 yang berbunyi “ Kalian adalah sebaik-baiknya umat yang pernah dimunculkan untuk manusia, selalu menyeru kearah kebaikan dan mencegah dari perbuatan keji dan munkar, serta beriman kepada Allah”.

"Untuk menjadi umat terbaik di tengah-tengah manusia tersebut, maka kita sebagai umat Islam harus selalu beriman kepada Allah, memperdalam ilmu pengetahuan, senantiasa melakukan kebaikan, serta menghindari perbuatan keji dan munkar,” kata Ustadz Philip Bahari, staf Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pangkalpinang saat menyampaikan tausiyah usai tadarusan di aula Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Selasa (21/05/2019).

Diungkapkannya, umat Islam pernah mencapai masa kejayaan setelah masa kenabian, antara lain pada masa Khulafarasyidin, masa kekhalifahan Bani Umayyah dibawah kepemimpinan Umar bin Abdul Azis, masa kekhalifahan Bani Abbasiyah dibawah kepemimpinan Harun Al Rasyid, dan pada masa Kesultanan Turki Usmani (Dinasti Ottoman).

“Bentuk kejayaan Islam pada masa itu dapat terlihat dari terciptanya kondisi masyarakat yang adil dan makmur, berkembangnya ilmu pengetahuan dengan pesat dan terjaminnya stabilitas keamanan,” ujarnya.

Dilanjutkannya, tercatat para filsuf, ilmuwan dan insinyur dari dunia Islam telah menghasilkan banyak kontribusi terhadap perkembangan teknologi dan kebudayaan, baik dengan menjaga tradisi yang telah ada ataupun dengan menambahkan penemuan dan inovasi mereka sendiri, seperti Al Jabar, Al Khawarizmi, dan lainnya yang dikenal dengan penemuan di bidang ilmu pengetahuan.

“Kita berharap sebagai umat Islam dapat kembali Berjaya dan menjadi umat terbaik dengan cara kembali kepada ajaran Islam yang seutuhnya (Kaffah), sehingga dapat terwujud masyarakat yang aman, damai, tentram dan sejahtera," tukasnya. (Bangka Pos/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved