Kriminalitas

Siswa SMA Curi 12 HP Milik Siswa Lain Berhasil Diamankan

Tim Operasional Polsek Koba berhasil mengamankan tiga orang pelajar yang diduga telah melakukan Tindak Pidana Pencurian

Siswa SMA Curi 12 HP Milik Siswa Lain Berhasil Diamankan
(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Ketiga Pelaku Pencurian HP Milik Siswa SMA Negeri 1 Koba 

BANGKAPOS.COM - Tim Operasional Polsek Koba berhasil mengamankan tiga orang pelajar yang diduga telah melakukan Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat) terhadap 12 Handphone milik siswa SMA Negeri 1 Koba pada Selasa, (21/5/2019) Pukul 23.00 WIB.

Kapolsek Koba, AKP Andri Eko Setiawan menyebutkan ketiga pelaku pencurian yang berhasil diamankan oleh Polsek Koba masing-masing berinisial VQ (17), AR (17) dan FM (17).

"VQ dan AR merupakan pelaku utama pencurian, sedangkan FM merupakan penadah yang telah membeli dua HP curian pelaku dan ketiga orang itu adalah siswa SMA 1 Koba juga," ucap AKP Andri kepada Bangkapos.com pada Rabu, (22/5/2019).

Lebih lanjut AKP Andri Eko Setiawan menyebutkan bahwa kedua belas HP curian tersebut merupakan HP siswa yang ketika itu disita oleh guru siswa saat jam pelajaran dan disimpan di Lemari di Ruang TU SMA Negeri 1 Koba.

Kegiatan pengamanan ini lanjut AKP Andri dilangsungkan setelah adanya laporan dari pihak SMA Negeri 1 yang pada akhirnya dituangkan pada Laporan Polisi Nomor LP B- 311/III/2019/BABEL/RES BATENG/SEK KOBA pada 19 Maret 2019.

Dari laporan tersebut, Kapolsek Koba memerintahkan tim operasional Polsek Koba untuk mencari tahu mengenai keberadaan seseorang yang diduga pelaku.

"Kami menurunkan Polwan Polsek untuk berpura-pura menjadi seseorang yang tersesat dari Pangkalpinang seraya menghubungi seseorang yang diduga pelaku untuk dapat menjemput anggota lainnya yang juga menyamar di Halte SMK Negeri 2 Arung Dalam," cerita AKP Andri Eko Setiawan.

Setelah itu lanjut AKP Andri Eko, Tim Operasional Polsek Koba melakukan pengintaian di sekitar tempat bertemunya pelaku, hingga pada akhirnya menghampiri anggota Polwan yang sedang melakukan penyelidikan hingga akhirnya pelaku berhasil diringkus.

"Ketiga pelaku setelah diamankan langsung dikawal ke Mapolsek Koba," ujar AKP Andri.

Adapun barang bukti yang berasil diamankan oleh Kepolisian Koba ialah sepuluh unit handphone dan dua handphone lainnya yang telah dibeli oleh penadah.

Kesepuluh handphone tersebut yaitu Dua Unit Handphone Warna Rose Gold Merk Xiaomi, Dua Unit Handphone Merk OPPO warna Hitam, Satu Unit Handphone Merk OPPO warna Putih, Satu Unit Handphone Merk OPPO warna Rose Gold, Satu Unit Handphone merk Vivo warna Hitam, Satu Unit Handphone Samsung warna Rose Gold, Satu Unit Handphone Merk Samsung warna Biru dan Satu Unit Handphone Merk Asanzo.

Dari pencurian itu, AKP Andri Eko Setiawan menyebutkan ketiga pelaku oencurian akan dikenakan Pasal 363 Ayat (2) dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved