Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni di Siang Hari Bakal Lebih Murah

Kementerian Perhubungan akan menerapkan beberapa strategi guna mengurai kepadatan antrean kendaraan pada lintas penyeberangan Merak-Bakauheni

Tarif Penyeberangan Merak-Bakauheni di Siang Hari Bakal Lebih Murah
TRIBUNNEWS.COM/IST
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan Rapat Koordinasi Angkutan Lebaran 2019 bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirut PT ASDP Ira Puspadewi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya di Dermaga Executive Pelabuhan Merak, Sabtu (11/5/2019). 

BANGKAPOS.COM - Kementerian Perhubungan akan menerapkan beberapa strategi guna mengurai kepadatan antrean kendaraan pada lintas penyeberangan Merak-Bakauheni saat periode mudik Lebaran 2019.

Salah satunya yaitu Direktorat Jenderal Perhubungan Darat mengeluarkan imbauan terkait skema kebijakan ganjil-genap di Lintas Merak-Bakauheni.

Tak hanya itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan membedakan tarif penyeberangan pada siang dan malam hari.

Menurutnya, selama ini penyeberang lebih suka menyeberang pada malam hari sehingga terjadi antrean panjang bahkan hingga siang hari.

Untuk menghindari antrean tersebut, tarif penyeberangan di siang hari akan lebih dimurahkan.

"Kita akan mencoba ganjil-genap. Kemudian akan kita tetapkan juga perbedaan harga malam dan siang, karena pemudik itu lebih senang jalan malam," kata Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa (21/5).

Dalam kesempatan terpisah, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menjelaskan, pemberlakuan ganjil-genap dilakulan mulai pukul 20.00 WIB- 08.00 WIB untuk kendaraan roda empat yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Merak pada tanggal 30 Mei (H-6) sampai 2 Juni (H-3).

Sementara arus balik di Pelabuhan Bakauheni pada 7 Juni (H+1) sampai 9 Juni (H+3).

Misalnya, bagi yang ingin menyeberang dari Merak pada H-6 tanggal 30 Mei pukul 20.00 sampai tanggal 31 Mei pukul 08.00 (H-6) dapat menggunakan kendaraan berpelat nomor genap.

Sementara, bagi pemudik yang menyeberang pada H-5 tanggal 31 Mei pukul 20.00 sampai tanggal 1 Juni pukul 08.00 dapat menggunakan kendaraan berpelat nomor ganjil.

Halaman
12
Editor: tidakada015
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved