Berita Sungailiat

Data Dinkes Ada 135 Anak di Pemda Bangka Alami Stunting karena Kurang Gizi

Stunting atau anak bertubuh pendek karena kurang gizi kronis sejak dalam kandungan hingga lahir banyak ditemukan di beberapa wilayah

Data Dinkes Ada 135 Anak di Pemda Bangka Alami Stunting karena Kurang Gizi
Bangka Pos/Riki Pratama.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti. 

BANGKAPOS.COM -- Stunting atau anak bertubuh pendek karena kurang gizi kronis sejak dalam kandungan hingga lahir banyak ditemukan di beberapa wilayah di Kabupaten Bangka.

Tentunya temuan kasus ini bukan hanya akan berdampak mengurangi tingkat kecerdasan anak, tetapi juga saat dewasa anak beresiko besar terkena penyakit tidak menular seperti jantung atau diabetes.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dr. Then Suyanti, mengatakan berdasarkan data tahun 2018/2019 dari sembilan daerah yang didata pihak Dinkes terdapat 135 anak stunting atau kekurangan gizi di wilayah Kabupaten Bangka.

"Ada di wilayah Jurung, Kace Timur, Kemuja, Mendo Barat, Cengkong Abang, Kace, Penagan, Kota Kapur, dan Rukem, total anak 539 orang anak diukur yang stunting sebanyak 135 anak, itu data baru sekarang ini. Tahun dulu lebih banyak, tetapi kita tidak punya datanya, karena itu penelitian kami minta pusat tidak ada datanya, kita lakukan penelitian per nama anaknya,"ungkap Then kepada wartawan, Kamis (23/5/2019).

Ia memaparkan terjadinya stunting karena beberapa faktor, seperti polah asuh orang tua yang kurang memberikan vitamin kepada anaknya, baik dalam kandungan maupun setelah lahir.

"Biasanya pola asuh pemberian makananya, termasuk imunisasi ibunya tidak mengerti tidak melakukan imunisasi ada stigma, anak tidak makan ikan karena cacing itu banyak kita temukan. Upaya kita, kita telah road show seluruh desa kasih pemahaman kepada ibu ibu, terkait pola asuh bagaimana, seperti cuci tangan sebelum makan dan yang tidak punya jamban harus di kasih jamban,"ungkapnya

(Bangka Pos/Riki Pratama)

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved