Gubernur Erzaldi Peringati Nuzulul Qur’an Bersama Ratusan Warga Sungailiat

Gubernur Kepulauan Bangka belitung, Erzaldi Rosman memperingati Nuzulul Qur’an atau turunnya Al-Qur’an Pertama Kali bersama ratusan warga sungailiat

Gubernur Erzaldi Peringati Nuzulul Qur’an Bersama Ratusan Warga Sungailiat
Humas Pemprov Babel
Peringatan Nuzulul Qur’an atau turunnya Al-Qur’an Pertama Kali pada tahun 1440 Hijriyah yang berlangsung di Masjid Agung, Kelurahan Bukit Betung, Kecamatan Sungai­liat, Kabupaten Bangka, malam, menghadirkan Penceramah dan Qori’ internasional, Selasa (21/05/2019) 

BANGKAPOS.COM--Peringatan Nuzulul Qur’an atau turunnya Al-Qur’an Pertama Kali pada tahun 1440 Hijriyah/ 2019 Masehi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, memperingatinya bersama ratusan warga Sungailiat.

Peringatan yang berlangsung di Masjid Agung, Kelurahan Bukit Betung, Kecamatan Sungai­liat, Kabupaten Bangka, Selasa (21/05/2019) malam, menghadirkan Penceramah dan Qori’ internasional.

Untuk penceramah adalah Syekh Elsayed Saad Mahmoud Abdelsalam Hafidz dari Mesir, sedangkan Qori’ adalah K.H. Mukmin Ainul Mubarok dari Tasik Malaya Jawa Barat.
Rangkaian Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Agung Sungailiat, diawali Gubernur dengan sholat Isya’ dan Tarawih berjemaah, dengan imam Syekh Elsayed Saad Mahmoud Abdelsalam.

Turut hadir dalam Pering­atan Nuzulul Qur’an tersebut, Sekda Babel Yan Megawandi, Asisten Bidang Administrasi Umum, Darlan, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yulizar, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemprov Babel lainnya, Staf Ahli Bidang Kemasyarakan Kabupaten Bangka, Dawami, serta Pejabat di lingkup Pemkab Bangka.

Gubernur Erzaldi dalam kesempatan itu, menyampaikan terima kasih atas kebiasaan masyarakat Sungailiat yang setiap tahunnya merayakan malam Nuzulul Qur’an.

“Kebiasaan yang baik ini, harus dipertahankan. Kalau bisa ramadhan tahun ini harus lebih baik dari ramadhan sebelumnya,” kata Gubernur.

Dijelaskannya, Nuzulul Quran adalah turunnya Alquran Pertama Kali pada tanggal 17 Ramadhan kekepada Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an diturunkan melalui Malaikat Jibril, dengan wahyu Pertama Surat Al-Alaq Ayat 1-5.

Saat wahyu itu diturunkan, Nabi Muhammad sedang berada di Gua Hira, ketika tiba-tiba Malaikat Jibril datang menyampaikan wahyu tersebut.

Nabi Muhammad saat itu sendiri dan langsung ketakutan, serta menggigil. Kemudian, lanjutnya, Nabi pulang dan menceritakan pengalaman yang dialaminya kepada istrinya. Sejak peristiwa itu Nabi mendapat gelar Rasul yakni Nabi yang mendapatkan wahyu untuk disebarkan kepada umat manusia.

Selain menyampaikan sekilas soal Nuzulul Qu’an, Gubernur Erzaldi juga mengingatkan kepada masyarakat Sungailiat bahwa Puasa ini bukanlah sekedar menahan lapar dan dahaga saja, tetapi nafsu pun harus dijaga.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved