Listrik Nyala 24 Jam, Warga Pulau Seliu Gunakan Kompor Listrik

Penduduk Pulau Seliu Kabupaten Belitung kini menggunakan kompor listrik untuk memasak setelah PLN berhasil menyalakan listrik 24 jam di daerah itu.

Listrik Nyala 24 Jam, Warga Pulau Seliu Gunakan Kompor Listrik
Istimewa
Listrik Nyala 24 Jam, Warga Pulau Seliu Gunakan Kompor Listrik 

BANGKAPOS.COM -- Penduduk Pulau Seliu Kabupaten Belitung kini menggunakan kompor listrik untuk memasak setelah PLN berhasil menyalakan listrik 24 jam di daerah itu.

Sebanyak 304 masyarakat di Pulau Bukulimau sekarang sudah bisa menikmati teknologi kompor induksi listrik sebagai pengganti maupun pelengkap gas untuk memasak sehari-hari.

Saat ini kapasitas terpasang PLTD Seliu sebesar 415 kilo watt (kW) dengan beban puncak sebesar 101 kW yang didukung oleh 4,26 kms jaringan tegangan rendah (JTR).

Dengan 100% penggunaan kompor induksi listrik di Pulau Seliu, diharapkan beban puncak meningkat menjadi lebih optimal sehingga mesin dapat beroperasi dengan maksimal selama 24 jam.

"PLN akan terus berkomitmen melistriki pulau-pulau yang kesulitan mendapatkan akses listrik. Semuanya akan kami tuntaskan pada tahun 2019 ini" jelas General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Abdul Mukhlis.

Listrik Nyala 24 Jam, Warga Pulau Seliu Gunakan Kompor Listrik
Listrik Nyala 24 Jam, Warga Pulau Seliu Gunakan Kompor Listrik (Istimewa)

"Baru saja kita selesaikan proses pembangunan aliran listrik di Pulau Kalapan, Pulau Tanjung Tinggi, dan Pulau Panjang di Kabupaten Bangka Selatan, masing-masing berkapasitas 40 kW. Tahun ini akan dibangun listrik untuk Pulau Long, kuil, ketapang dan Pulau Buntar di Belitung" Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur Sahani Saleh menyampaikan terima kasih kepada PLN atas dukungan nyata yang diberikan kepada daerahnya tersebut.

"Terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada PLN yang telah bersedia berinvestasi di Pulau Seliu dengan menyalakan listrik 24 jam di sini, mengingat listrik adalah salah satu kebutuhan infrastruktur dasar masyarakat" pungkasnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved