PLN Dukung Program Eco Green Island Belitung

PLN Unit Induk Wilayah Bangka Beltung (PLN Babel) dukung program eco green island di Pulau Seliu, Belitung dengan menyalakan listrik 24 jam

PLN Dukung Program Eco Green Island Belitung
Istimewa
PLN Dukung Program Eco Green Island Belitung 

BANGKAPOS.COM -- PLN Unit Induk Wilayah Bangka Beltung (PLN Babel) dukung program eco green island di Pulau Seliu, Belitung dengan menyalakan listrik 24 jam di pulau tersebut. 

PLN menyediakan listrik dengan kapasitas  sebesar 415 kilo watt (kW) dan didukung oleh 4,24 Kms jaringan tegangan rendah. 

Program eco green island tersebut mulai nampak dengan berseliwerannya beberapa motor listrik di pulau tersebut untuk digunakan oleh warga dalam rangka sosialisasi penggunaan motor listrik. Selain itu petugas PLN di pulau ini dalam menjalankan tugasnya menggunakan motor listrik tersebut sebagai operasional. 

Teknologi lain yang nampak di pulau tersebut adalah penggunaan kompor induksi listrik oleh warga sebagai pengganti maupun pelengkap dalam memasak. Sebanyak 304 rumah tangga di sana telah seratus persen menggunakan kompor listrik. 

Selain itu, terdapat stasiun penyediaan listrik umum (SPLU) yg terpasang di pusat keramaian di daerah itu. 

PLN Dukung Program Eco Green Island Belitung
PLN Dukung Program Eco Green Island Belitung (Istimewa)

"Pelanggan dapat melakukan prmbayaran dengan menggunakan uang elektronik dari bank, karena SPLU ini sudah dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC)" jelas manajer PLN unit pelaksana pelayanan pelanggan Belitung (UP3)Joko Nur Astanto. 

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh berharap program ini benar-benar menjadikan pulau ini benar-benar. "Kami berharap program ini bisa mewujudkan Seliu sebagai pulau yang hijau dan mandiri" pungkasnya. 

Lebih dari itu General Manager PLN UIW Bangka Belitung menjelaskan rencana nya untuk mengonversi bahan bakar minyak yang saat ini digunakan dengan energi yang lebih ramah lingkungan.

 "Kita rencanakan juga program energi di Pulau ini dengan memanfaatkan energi baru terbarukan berbasis pada masyarakat, sehingga bisa berkelanjutan. Yaitu dengan pengembangan energi listrik dari PLTS maupun pelet sampah" terangnya. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved