Berita Bangka Selatan

Isu Pungli Fee Tambang Marak, Kajari Bangka Selatan Panggil Kades Tepus dan Bencah

Kepala Kejaskaan Negeri (Kajari) Basel, Safrianto Zuriat Putra, Kamis (23/5/2019) memanggil kades Tepus Kusmiran dan Pj Kades Bencah Wadi.

Isu Pungli Fee Tambang Marak, Kajari Bangka Selatan Panggil Kades Tepus dan Bencah
Dokumen Bangka Pos
Kepala Kejaksaan Negeri Bangka Selatan Safrianto Zuriat Putra SH, MH 

BANGKAPOS.COM  - Akhir akhir ini isu Pungutan Liar (Pungli) fee aktivitas Tambang inkonvensional (TI) ilegal yang melibatkan oknum Kades Bangka Selatan santer terdengar.

Maraknya aksi pungli fee TI ilegal, tersebut sempat menyita perhatian sejumlah pihak. Mulai dari Inspektorat, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Bangka Selatan. Tak terkecuali pihak Kejaksaan Negeri Bangka Selatan yang langsung merespon isu pungli tersebut.

Kepala Kejaskaan Negeri (Kajari) Basel, Safrianto Zuriat Putra, Kamis (23/5/2019) memanggil kades Tepus Kusmiran dan Pj Kades Bencah Wadi. Namun keduanya, membantah isu serta tudingan pungli fee aktifitas TI ilegal tersebut.

"yang bersangkutan menyatakan kepada saya itu tidak benar itu fitnah. Yang bersangkutan bersumpah dengan menyebutkan nama Tuhan sesuai agama dan kepercayaan mereka. Malah yang bersangkutan siap dipenjara jika terbukti melakukan pungli," ujar Safrianto, menirukan ucapan kedua kades tersebut," Kamis (23/5/2019)

Menurut Safrianto langkah pemanggilan kedua kades tersebut sebagai bentuk kewajiban pihaknya, dikarenakan Pemdes se Basel telah melakukan MOU apabila terjadi permasalahan hukum.

"Kami mengundang keduanya karena sebelumnya sudah ada MoU antara Pemdes se Basel dan Kejari Bangka Selatan. Dan kami berkewajiban dalam konteks pembinaan dan klarifikasi mengecek kebenaran sebelum dilakukan tindakan hukum selanjutnya,” bebernya.

(Bangka Pos / Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved