Jangan Harap Bisa Bikin Tulisan di Pasir Pantai Jepang, Bisa Kena Denda Jutaan Rupiah!

Wisatawan yang menulis di pasir pantai akan dikenakan denda. Tak tanggung-tanggung, mencapai Rp 6,5 juta!

Jangan Harap Bisa Bikin Tulisan di Pasir Pantai Jepang, Bisa Kena Denda Jutaan Rupiah!
Pixabay
Wisatawan yang menulis dan menggambar di pasir pantai Jepang akan didenda hingga Rp 6,5 juta 

BANGKAPOS.COM Bagi sebagian besar orang, jalan-jalan ke pantai tak lengkap rasanya kalau belum membuat tulisan atau gambar di pasir pantainya.

Menulis dan menggambar di pasir pantai biasanya dilakukan sebagai kenangan, mengisyaratkan bahwa kita pernah memijak tempat tersebut. Hal inipun wajar dan umum di Indonesia.

Namun jangan harap kita bisa melakukan hal yang sama dengan leluasa di Jepang, pasalnya wisatawan yang menulis di pasir pantai akan dikenakan denda. Tak tanggung-tanggung, mencapai Rp 6,5 juta!

Sebuah daerah di Jepang yang terkenal dengan bukit pasirnya melarang para wisatawan untuk menulis pesan di sepanjang garis pantai.

Bukit pasir Tottori (Tottori-sakyū) memberikan pemandangan yang benar-benar tidak terduga.

Para pengunjung bisa menemui Sahara di sepanjang pantai di dekat Laut Jepang. Bukit pasir yang berada di kawasan Taman Nasional San-in ini menyambut ribuan pengunjung setiap bulannya.

Sejak sepuluh tahun lalu, pihak berwenang di Tottori telah mengeluarkan larangan untuk menulis atau menggambar di pasir pantai tersebut. Ini dilakukan dalam upaya menghindari perusakan.

Jika ada pengunjung yang melanggar, makan akan dikenakan denda hingga 50.000 yen atau sekitar Rp 6,5 juta.

 

Belum lama ini, diketahui ada peningkatan jumlah aksi ‘grafiti pasir’ di beberapa titik yang lebih banyak menarik wisatawan.

Media lokal Mainichi Shimbun, melaporkan bahwa pihak berwenang telah menemukan 3.334 insiden grafiti pasir pada Maret 2019. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding 228 kasus pada 2018.

Halaman
12
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved