Berita Belitung

Kapal Swasta KMP Sakura Express Layani Arus Mudik Lebaran, Selama Ramadan Jumlah Penumpang Bertambah

Masih ada solusi untuk penumpang yang ingin mudik menggunakan transportasi laut lantaran biaya lebih murah dibandingkan transportasi udara.

Kapal Swasta KMP Sakura Express Layani Arus Mudik Lebaran, Selama Ramadan Jumlah Penumpang Bertambah
Dokumen Bangka Pos
ilustrasi- Para penumpang kapal cepat Express Bahari 3E tujuan Pangkalbalam masih berada di Terminal Laskar Pelangi, Pelabuhan Tanjungpandan untuk menunggu penggantian tiket, Jumat (27/6/2014). 

BANGKAPOS.COM  - PT Pelni melalui KM Lawit semula sudah memastikan tidak melakukan pelayaran dari Tanjung Priuk Jakarta menuju ke Tanjungpandan, Belitung. Namun masih ada solusi untuk penumpang yang ingin mudik menggunakan transportasi laut lantaran biaya lebih murah dibandingkan transportasi udara.

KMP Sakura Express PT Bukit Merapin Nusantara Lines (BMNL) merupakan satu - satunya kapal penumpang yang aktif beroperasi dari Tanjung Priuk menuju Tanjungpandan atau sebaliknya. Kapal berbobot 3610 Grosstone itu, mampu menampung penumpang hingga 450 orang.

Kapal swasta ini beroperasi selama dua kali kurun waktu satu pekan. Terdapat peningkatan penumpang menjelang Idulfitri 1440 Hijriah, dibandingkan pada hari biasa. Namun sayangnya untuk jadwal kapal tersebut tidak bisa dipastikan oleh operator.

"Kapal ini kalau sudah penuh, langsung berangkat. Tapi yang pasti dalam satu minggu itu, dua kali keberangkatan baik dari Tanjung Pandan maupun Tanjung Priuk. Biasanya kalau dari Tanjung Priuk ke Tanjungpandan itu hari Rabu dan minggu," kata operator KMP Sakura Express PT BMNL Tanjungpandan Fatur kepada posbelitung.co, Jumat (24/5/2019).

Selama bulan Ramadan atau dari awal bulan Mei 2019 penumpang yang menggunakan KMP Sakura Express dari Tanjung Priuk menuju Pelabuhan Tanjung RU, Kecamatan Badau rata-rata di atas 40 orang penumpang.

Angka ini terus bertambah, hingga sekarang untuk satu kali keberangkatan penumpang mencapai 100 orang.

"Kalau hari biasa tidak ada moment mudik ini, paling penumpang hanya 20 orang, kadang belasan, tidak lebih dari 20 orang. Nah sejak awal Mei kemarin ada peningkat terus, hingga sekarang satu kali berangkat lebih dari 100 orang," ujarnya.

Jarak tempuh menggunakan kapal ini, dari Tanjung Priuk menuju Tanjung RU yaitu memakan waktu 15 - 16 jam. Kapal ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup selama perjalanan, dan penumpang akan mendapatkan makan selama di dalam kapal.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved