Berita Bangka Tengah

Konsumsi Daging Sapi Meningkat, Dinas Pertanian Bateng Jamin Sapi Aman dari Virus dan Penyakit

Masyarakat merasa khawatir untuk membeli daging Sapi yang dikhawatirkan terjangkit Virus Antraks

Konsumsi Daging Sapi Meningkat, Dinas Pertanian Bateng Jamin Sapi Aman dari Virus dan Penyakit
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Rusli Khaidir 

BANGKAPOS.COM - Selama Puasa Ramadan 1440 Hijriah dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah, permintaan terhadap daging sapi di Bangka Tengah akan meningkat.

Namun beberapa masyarakat juga merasa khawatir untuk membeli daging Sapi yang dikhawatirkan terjangkit Virus Antraks akibat banyaknya isu-isu yang memberitakan banyaknya sapi yang terkena virus.

Untuk mengatasi isu-isu yang berkembang di masyarakat, Kepala Dinas Pertanian Bangka Tengah, Rusli Khaidir menyampaikan daging Sapi yang beredar di Bangka Tengah dan Bangka Belitung secara umum bisa dibilang terbebas dari virus-virus atau penyakit hewan strategis seperti Antraks, Brucellosis dan virus strategis lainnya.

Rusli menyatakan tingkat keamanan di Bangka Belitung lebih tinggi karena barrier (pencegah/pengamanan) nya merupakan lautan dan dibarengi dengan pengawasan dari Balai Karantina di pelabuhan sehingga benar-benar diawasi secara detail.

"Kita bersyukur karena tinggal di wilayah kepulauan yang tingkat penyebaran virus hewan tidak se masif wilayah yang peredaran sapi dilakukan dengan menggunakan perjalanan darat", ujar Rusli Khaidir kepada bangkapos.com yang ditemui pada Jumat, (24/5/2019).

Selain itu lanjut Rusli, untuk benar-benar menjaga kemanan dan kesehatan sapi sebelum dikirimkan ke Bangka Tengah akan lebih dulu dilakukan Uji RBT (Rose Bengal Test) di Laboratorium pelabuhan wilayah pengirim sebelum dikirim ke wilayah tujuan untuk mendeteksi adanya penyakit-penyakit pada Sapi seperti Brucellosis.

"Kami akan selalu menjamin kesehatan Sapi yang dikirimkan ke Bangka Tengah dan daging yang dihasilkan juga pasti sehat", sebut Rusli Khaidir.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved