Semarak Ramadan, IRMAS Desa Kemuja Adakan Lomba MTQ

Kegiatan perlombaan ini diadakan untuk anak-anak yang bertajuk Kampung Ramadhan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ).

Semarak Ramadan, IRMAS Desa Kemuja Adakan Lomba MTQ
ist/IRMAS Desa Kemuja
Ikatan Remaja Masjid Desa Kemuja mengadakan serangkaian lomba selama Ramadan dengan mengusung konsep Kampung Ramadhan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) 

BANGKAPOS.COM  - Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Desa Kemuja kembali mengadakan kegiatan perlombaan selama bulan Ramadan. Kegiatan perlombaan ini diadakan untuk anak-anak yang bertajuk Kampung Ramadhan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ). Mengusung tema melalui bulan suci Ramadan kita wujudkan generasi Qur'ani yang cerdas dan berprestasi.

Acara pembukaan dihadiri langsung oleh anggota DPD RI, Herry Erfian beserta kepala desa, tokoh agama dan masyarakat, Minggu (19/5/2019) kemarin. Kegiatan ini diadakan dihalaman depan Masjid Rahmatuddin desa Kemuja, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka.

Dalam rilis yang diterima bangkapos.com, Kegiatan lomba Kampung Ramadhan MTQ ini berisi dengan berbagai macam lomba, yaitu lomba Tilawatil Qur'an, Tartil Qur'an, Tahfidzul Qur'an, lomba Ceramah dan lomba adzan. Diikuti langsung oleh anak laki-laki dan perempuan dari tingkat TKA/TPA, SD/MI dan MTS.

Metua pelaksana kegiatan, Muzaki Zamzewi, mengatakan, kegiatan perlombaan yang dilakukan selama bulan Ramadan ini sangat disambut antusias oleh anak-anak yang mengikuti lomba tersebut. Adanya kegiatan ini bisa memberi dampak yang lebih tinggi untuk anak-anak dalam mengasah keberanian dan pengalaman mereka untuk berkompetisi dari tingkat desa sampai tingkat lebih tinggi kedepannya.

"Kegiatan ini kita adakan sebagai bentuk langkah awal untuk mengasah keberanian keterampilan dan pengalaman dalam berkompetisi bagi anak-anak yang mengikuti lomba ini, dan juga kita gratiskan biaya pendaftaran agar banyak anak-anak yg mengikuti acara ini," ungkapnya melalui siaran pers, Jumat (24/5/2019).

Kepala Desa Kemuja, M. Kosim mengatakan, aparat desa sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan islami yg diadakan oleh pemuda-pemudi IRMAS. Dia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun selama bulan Ramadan. Pasalnya, Desa Kemuja merupakan desa yang terkenal dengan sebutan Desa Santri.

"Melihat banyak anak-anak desa kita yg mempunyai bakat dan potensi di bidang Musabaqoh Tilawatil Qur'an maupun bidang lainnya dan sudah banyak bukti bahwa anak-anak desa kita sudah sering ikut lomba di tingkat nasional dan memenangkan perlombaan tersebut, jadi itu perlu kita beri wadah untuk mengasah kemampuan anak-anak kita melalui kegiatan ini dan kita dukung terus perkembangannya," ujar Kosim.

Sementara, ketua IRMAS Rahmatuddin, Ruslan Abdul Gani, berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar tertib dan aman hingga pada akhir penutupan nantinya. Dia menuturkan, melalui kegiatan ini khususnya untuk anak-anak bisa djjadikan sebagai ajang untuk melatih semangat dan motivasi diri.

"Sebagaimana mestinya di bulan Suci Ramadhan bulan yang penuh barokah ini sudah sepatutnya kita memperbanyak beramal dan mengisi kegiatan yang bernilai ibadah kepada Allah SWT agar kita mendapatkan barokah dan nikmat dari Allah SWT dan mendapatkan syafaat dari Rosulullah Muhammad SAW," pungkasnya.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved