Berita Pangkalpinang

Arus Mudik Lebaran Mulai Ramai, Tingkat Keterisian Pesawat di Bandara Depati Amir Meningkat

Tingkat keterisian penumpang di Bandara Depati Amir sudah mulai meningkat sekitar 80 persen dibandingkan sejak awal tahun lalu.

Arus Mudik Lebaran Mulai Ramai, Tingkat Keterisian Pesawat di Bandara Depati Amir Meningkat
Bangkapos.com/Krisyanidayati
Manager of Airport Operation and Service, Muhammad Adiwiyatno 

BANGKAPOS.COM-- Manager of Airport Operation and Service, Muhammad Adiwiyatno mengatakan saat ini tingkat keterisian penumpang di Bandara Depati Amir sudah mulai meningkat sekitar 80 persen dibandingkan sejak awal tahun lalu.

Ia menyebutkan, untuk puncak arus mudik di Bandara diprediksikan akan dimulai pada H-4 sedangkan untuk arus balik H+3 lebaran. Saat ini ada sekitar 30-40 flight yang keluar dan masuk di Bandara Depati Amir setiap harinya.

"Jumlah flight ada penurunan tapi belakangan sudah mulai ada pertumbuhan, kalau dibandingkan Januari sampai sekarang terus menurun, tapi menjelang lebaran ini mulai ada pertumbuhan tingkat keterisian pesawat sudah 80 persen. Harapan kita masih tetap tumbuh walaupun presentase kecil. Jumlah penumpang antara pemudik dan mudik ini imbang," jelas Muhammad Adiwiyatno.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan tanggal yang sama pada tahun lalu, jumlah penumpang angkutan udara memang mengalami penurunan. Namun, jika dibandingkan dengan beberapa bulan belakangan terjadi pertumbuhan.

"Saat ini ada dari yang kemarin itu di angka 35-40 flight datang dan pergi semua rute. Kemungkinan masih di angka 40 dengan adanya ada tambahan extra flight dari sriwijaya group 2 rute jakarta dan 1 rute Palembang," katanya.

Pihkanya terus berupaya untuk meningkatkan persiapan seperti dengan menyediakan posko mudik lebaran, koordinasi lintas sektor untuk kemanan dan kenyamanan pemudik.

Petugas Keselamatan Berlayar KSOP Pangkalbalam Hasoloan Siregar mengatakan, untuk pengguna jasa laut sejak seminggu belakangan sudah mengalami peningkatan. Bahkan seperti kemarin setidaknya ada 1000 penumpang yang datang menggunakan kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam.

"Peningkatan penumpang 2 kaki lipat sudah 100 persen mulai seminggu ini. Puncaknya nantiH-4 sebelum lebaran. Kita sudah minta tambahan kapasitas sebanyak 25 persen dengan tetap mengutamakan keselamatan," ungkap Muhammad Adiwiyatno

Ia menyebutkan, untuk kapal yang bersandar setiap harinya berbeda, kemarin kata dia ada 3 kapal yang masuk..

"Beda-beda setiap hari kapal yang masuk dan keluar kemarin sandar malam ada tiga kapal, hari ini juga masuk dari Belitung. Kita juga memperketat pengawasan misalnya sebelum berangkat kita pengecekan tiket dan KTP serta barang bawaan penumpang," ujarnya. (Bangkapos.com/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved