Advertorial

Bahar Buasan dan Rumah Inspirasi Buasan

Ada tiga prinsip di Rumah Inspirasi Buasan yaitu sebagai tempat terjadinya edukasi dengan pola belajar dan bermain (BBM)

Bahar Buasan dan Rumah Inspirasi Buasan
ist/Bahar Buasan & Rumah Inspirasi Buasan
Dalam rangka keikutsertaan memba¬≠ngun generasi penerus Bangka Belitung yang sadar dan melek pendidikan, Bahar Buasan, ST., M.S.M., M.Sc melalui Rumah Inspirasi yang dibangun dan dijadikan sebagai tempat sekaligus sarana untuk saling mengedukasi kepada masyarakat dan juga tempat bermain kreatif bagi anak-anak, Sabtu (25/5). 

BANGKAPOS.COM -- Dalam rangka keikutsertaan memba­ngun generasi penerus Bangka Belitung yang sadar dan melek pendidikan, Bahar Buasan melalui Rumah Inspirasi yang dibangun dan dijadikan sebagai tempat sekaligus sarana untuk saling mengedukasi kepada masyarakat dan juga tempat bermain kreatif bagi anak-anak.

Rumah yang dibangun di atas lahan keluarga Buasan ini terletak di Desa Baskara Bhakti Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah. Rumah ini jugalah yang menjadi tempat Bahar Buasan dan sepuluh bersaudara dilahirkan dan dibesarkan.

Bahar Buasan mengakui di Rumah Inspirasi Buasan ini terdapat ragam aktivitas yang dilakukan seperti kegiatan belajar, mengajar dan bermain yang diberikan secara gratis kepada anak-anak yang menjadi peserta maupun yang ada disekitar Rumah Inspirasi Buasan yang ikut terlibat didalamnya. Belajar matematika, bahasa inggris dan juga mengasah keterampilan dilakukan disana.

“Bila kita ingin anak-anak di Bangka Belitung bisa berbicara banyak dan berkompetisi di tingkat Nasional maupun Internasional, maka kita mesti terlibat kedalam proses untuk menyiapkan generasi-generasi penerus khususnya Bangka Belitung menuju Indonesia yang hebat, “ ujar Bahar saat ditemui di Rumah Inspirasi Buasan, Sabtu (25/5).

Diakuinya, ada tiga prinsip di Rumah Inspirasi Buasan yaitu sebagai tempat terjadinya edukasi dengan pola belajar dan bermain (BBM).

"Keterbukaan yang ditampilkan melalui dinding rumah dimana yang di luar bisa melihat kedalam dan di dalam bisa melihat keluar, selain itu dengan adanya keterbukaan disitu ada kejujuran yang penting untuk dipraktekkan kedalam kehidupan sehari-hari “ jelas Bahar.

Ditambahkannya, ada sekitar 100 lebih anak-anak sebagai peserta Rumah Inspirasi Buasan di angkatan ke-4 ini yang tergolong ke masing-masing tingkat yaitu untuk pendidikan tingkat SD dan SMP serta dengan tenaga-tenaga pengajar sukarela yang datang dari berbagai daerah di Indonesia melalui kerjasama dengan APGM (Aliansi Pemberdayaan Generasi Muda) memberikan kemampuan dan tenaganya untuk mencerdaskan generasi penerus Bangsa.

“Masih ada dan banyak anak- anak muda yang mau berkonstribusi tanpa memandang perbedaan yang ada. Sehingga di Rumah Inspirasi Buasan inilah bentuk nyata arti keberagaman, Bhineka Tunggal Ika dan toleransi ,” tegas Anggota Senator 2009- 2014, 2014-2019 ini.

Ia pun mengakui selain Rumah Inspirasi Buasan, mereka juga menyiapkan Kebun Rumah Inspirasi diatas areal sekitar 20 hektare lebih, kebun ini ditanami beragam tanaman seperti durian, jambu kristal, rambutan, lada, kelapa, alpukat, dan berbagai tanaman lainnya.

Menurut Bahar, keberadaan Kebun Rumah Inspirasi ini juga sebagai tempat pembelajaran kepada anak-anak untuk menambah pengetahuan mereka tentang ragam tanaman pertanian dan perkebunan.

“Melalui Rumah Inspirasi Buasan sendiri terdapat kegiatan edukasi pendidikan tambahan, mengenalkan sikap keterbukaan dan mengajarkan serta mengajak anak-anak untuk bersikap jujur (pembangunan karakter).
Sedangkan melalui Kebun Rumah Inspirasi, harapan akan banyak memberikan kesempatan kepada generasi-generasi kita yang sekarang maupun yang akan datang untuk juga dapat mempelajari bagaimana proses
pertanian, perkebunan dan peternakan, “ tambahnya.

Dalam acara penutupan proses belajar dan bermain di Rumah Inspirasi Buasan yang sejak pukul 15.00 WIB dilakukan, bersama anak-anak, orang tua dan warga sekitar yang melaksanakan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan, Bahar buasan melangsungkan berbuka puasa bersama di lokasi yang sama.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved