Publik Service

Bank Indonesia Babel Launching Penukaran Uang Bersama Perbankan di Babel

Ratusan masyarakat dari kota Pangkalpinang dan sekitarnya menyerbu layanan penukaran uang bersama yang dilakukan Bank Indonesia

Bank Indonesia  Babel Launching Penukaran Uang Bersama Perbankan di Babel
Bangkapos.com/Krisyanidayati
Kepala Perwakilan BI Babel, Tantan Heroika saat menyerahkan penukaran uang simbolis dalam penukaran uang bersama perbankan di Alun-Alun Taman Merdeka, Senin (27/5/2019). 

BANGKAPOS.COM-- Ratusan masyarakat dari kota Pangkalpinang dan sekitarnya menyerbu layanan penukaran uang bersama yang dilakukan Bank Indonesia bersama 23 bank yang ada di Babel, di Alun-Alun Taman Merdeka, Senin (27/5/2019).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pelayanan penukaran uang bersama dalam program 'Rupiah Untuk Negeri - Sinergi Bank Indonesia dan perbankan dalam Melayani Negeri' di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, mulai tanggal 27 hingga 31 Mei 2019.

Seremonial pembukaan Program Rupiah Untuk Negeri ditandai dengan pelepasan burung merpati yang dilakukan bersama 23 perbankan yang ada di Babel.

Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penukaran uang pecahan jelang lebaran.

Kepala Perwakilan BI Babel, Tantan Heroika mengatakan penukaran uang bersama ini baru pertama kali dilakukan di Babel/ Ia berharap animo masyarakat tingga dan bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi kepada pimpinan perbankan, yang membantu pemenuhan uang kartal dalam kondisi layak edar dan tepat waktu sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat.

"Layanan rupiah untuk mendekatkan pelayanan ke masyarakat. Untuk penukaran uang secara keseluruhan mencapai 85 titik, satu titik di kantor BI saya perhatikan dari hari ke hari sudah mulai banyak sekali melakukan penukaran termasuk di 57 unit perbankan yang juga melakukan penukaran uang. Dan ditambah ada 27 di luar kantor terutama di pusat keramaian," jelas Tantan.

Selain itu, ia mengatakan untuk mesin ATM juga sudah mulai bergerak, Ia menyebutkan se Babel ada 540 ATM, dengan sebaran 441 di Bangka dan 99 ATM di Pulau Belitung.

"Mesin ATM juga sudah siap mengantisipasi libur panjang perhitungan kebutuhan uang kartal. Transaksi di kas Tanjungpandan juga meningkat, kas keliling bank Indonesia sudah 42 titik. Data yang kita pantau dibandingkan 2018 off low sudah Rp 1 triliun, perkiraan kita 2019 Rp 1,6 T. Sekarang yang keluar dari BI ditambah penukaran antar bank Rp 1,2 triliun. Indikator ini bagus menunjukkan semakin baik, mudah-mudahan tidak menimbulkan tekanan inflasi," ungkap Tantan.

Ia menyebutkan, saat ini penukaran uang sudah mencapai Rp 13,1 miliar dengan kontribusi kas keliling mencapai Rp 2,8 miliar.

"Harapan saya kepada masyarakat jaga uang yang masih fresh harus dijaga. Habis nuker jangan langsung diremas, jangan dilipat, jangan dijepret, jangan dibasahin. Semakin banyak uang yang rusak semakin banyak yang kita musnahkan. Mari kita jaga uang yang masih fresh ini," pesannya. (Bangkapos.com/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved