Berita Pangkalpinang

Dindik Babel Umumkan Peringkat UN SMP Sederajat dan Nilai Siswa Tertinggi

Kelulusan bagi 22 .000 siswa SMP Sederajat 2018/2019 di Babel bakal diumumkan, Rabu (29/5/2019) mendatang.

Dindik Babel Umumkan Peringkat UN SMP Sederajat dan Nilai Siswa Tertinggi
BANGKA POS / DEDY Q
Kepala Dindik Babel M. Soleh 

BANGKAPOS.COM-- Kelulusan bagi 22 .000 siswa SMP Sederajat 2018/2019 di Babel bakal diumumkan, Rabu (29/5/2019) mendatang.

Namun Dinas Pendidikan Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendahuluinya dengan mengumumkan hasil Ujian Nasional (UN) secara keseluruhan per kabupaten kota di Babel.

Memanggil sejumlah wartawan, Dindik Babel juga melansir peringkat sekolah dan siswa hingga mereka yang mendapatkan nilai 100 pada UN SMP Sederajat kali ini.

Pangkalpinang menjadi daerah dengan total nilai UN SMP tertinggi di Babel dengan total nilai 236,08 dari empat mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Kemudian, hasil UN MTs di ibu kota juga menjadi daerah dengan capaian tertinggi dibandingkan kabupaten lain di Babel dengan total nilai 196,87, juga dari empat mata pelajaran yang diujikan.

Bangka Selatan menjadi daerah di Babel dengan peringkat terbawah baik untuk SMP (189,51) maupun MTs (182,18)
"Pusat memang tidak membuat peringkat secara nasional. Alasan Pak Irjen kemarin, dikhawatirkan, yang belum berhasil dengan baik akan merasa agak tertekan," kata Kepala Dindik Babel M. Soleh di Kantor Dindik Babel, Senin (27/5/2019)

Soleh mengatakan, hasil UN SMP Sederajat 2018/2019 juga menunjukkan bahwa sekolah swasta tidak kalah bersaing dengan sekolah negeri. Dari 10 besar peringkat sekolah dengan nilai tertinggi, setengahnya adalah sekolah swasta.

Menurut Soleh, ini seharusnya tidak menjadikan alasan pembenaran bahwa orangtua lebih memilih menyekolahkan anak mereka di sekolah negeri.

"Makanya kami minta kepada orangtua. Seluruh sekolah itu baik, every school is good. Maka jangan mindset-nya jangan selalu mau ke sekolah negeri, sementara sekolah negeri daya tampungnya terbatas," kata dia.

Sama seperti SMA Sederjat, kelulusan SMP juga tidak ditentukan nilai UN. Kelulusan ditentukan hasil rapat dewan guru dengan ikut mempertimbangkan nilai raport, nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), hingga sikap dan prilaku siswa.

"Kalau dilihat sepintas, UN tahun ini ada peningkatan. Pengumuman kelulusannya tanggal 29 Mei," kata Soleh (Bangkapos.com/Dedyqurniawan)

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved