Berita Pangkalpinang

Kemenpan Buka Rekrutmen CPNS 2019, BKPSDM Babel Gerak Cepat Susun Usulan Kebutuhan Pegawai

BKPSDM) Kepulauan Bangka Belitung bergerak cepat menyikapi adanya surat pengadaan Aparatur Sipil Negara tahun 2019 dari Kemenpan RB

Kemenpan Buka Rekrutmen CPNS 2019, BKPSDM Babel Gerak Cepat Susun Usulan Kebutuhan Pegawai
Bangkapos.com/Dedi Qurniawan
Kepala BKPSDM Babel Sahirman Jumli 

BANGKAPOS.COM-- Badan Kepegawaian dan Pengembengan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepulauan Bangka Belitung bergerak cepat menyikapi adanya surat pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kepala BKPSDM Babel Sahirman Jumli mengatakan, pihaknya segera menyurati seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Babel guna mendapatkan data kebutuhan pegawai.

Selain itu, usulan kebutuhan pegawai juga akan diserap berdasarkan usulan yang disampaikan oleh masyarakat. Sahirman menjelaskan, berdasarkan usulan-usulan tersebut pihaknya akan segera menganalisis kebutuhan pegawai, mengitung jumlah ASN yang akan pensiun, rasio kebutuhan, dan kemampuan anggaran.

"Baru kami ramu berapa kebutuhan pegawainya dan diusulkan ke Kemenpan RB. Kalau terkait soal kemampuan anggaran, insyaallah Babel tidak masalah," kata Sahirman ditemui bangkapos.com di Kantor Gubernur, Senin (27/5/2019)

Seperti diberitakan Kompas.com, alokasi pegawai pemda tahun ini akan terdiri dari 30 persen untuk CPNS dan 70 persen untuk PPPK, yang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan/unit kerja di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar dengan memberi kesempatan kepada pegawai non-PNS yang saat ini masih aktif bekerja, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Menurut Sahirman, pihaknya akan mengikuti jika ada ketentuan demikian selama mengakomodir kebutuhan daerah dan sesuai dengan kemampuan keuangan.

"Pada prinsipnya kami siap. Untuk Babel, saya rasa tidak terlalu banyak daerah tertinggal. Paling daerah terpencil, itu semua tetap kami akomodir terutama untuk guru-guru yang di daerah terpencil," jelas Sahirman.

BKPSDM setidaknya punya waktu tiga minggu untuk menyiapkan usulan kebutuhan pegawai ini. Pasalnya KemenpanRB meminta usulan sudah disampaikan pada pekan kedua Juni 2019.

Sahirman menyatakan, dalam satu minggu ini, pihaknya akan menggodok usulan kebutuhan pegawai.
"Awal-awal Juni mungkin sudah bisa kami sampaikan," katanya. (Bangkapos.com/Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved