Berita Pangkalpinang

Disnaker Babel Buka Posko Pengaduan THR, Ketua SPSI: Tidak Efektif, Formalitas Saja

Ada empat laporan kepada SPSI bahwa perusahaan tidak membayar THR sesuai dengan aturan yang berlaku.

Disnaker Babel Buka Posko Pengaduan THR, Ketua SPSI: Tidak Efektif, Formalitas Saja
istimewa
Darusman, Ketua SPSI Babel 

BANGKAPOS.COM  - Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bangka Belitung (Babel), Darusman mengatakan jika posko pengaduan THR yang disiapkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Bangka Belitung tidak efektif bahkan hanya bersifat formalitas saja.

"Tidak efektif, formalitas saja itu," ujar Darusman, Senin (27/5) kepada Bangka Pos.

Hal ini ia sampaikannya karena masih adanya laporan masuk kepada dirinya tentang perusahaan yang melakukan pelanggaran dalam hal THR, seperti ada empat laporan kepada dirinya bahwa perusahaan tersebut tidak membayar THR sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Ya harus sesuai peraturan, kalau sebulan gaji ya bayar sebulan gaji. Ini ada yang cuma dibayar Rp 1,5 juta, ada yang Rp 500 ribu, artinya dibawah UMP,"ujarnya.

Hal ini menurutnya dapat terjadi karena pengawasan dari pihak yang berwenang tak ketat dengan alasan dana tidak mencukupi.

Darusman menambahkan disisa waktu mengingat sebentar lagi akan lebaran, pihak perusahaan masih bisa membayar full THR karyawannya. Hanya saja menurutnya seberapa besar itikad tim pengawas untuk menyelesaikan permasalahan ini.

"Mereka itu abdi negara, mereka mengabdi kepada negara tanpa memikirkan akan dapat sesuatu atau tidak. Tapi kalau mereka bekerja menunggu harus dapat apa, nah ini yang repot. Sehingga mental PNS itu harusnya mental pejuang bukan mental pekerja,"ucap Darusman.

Kemarin Senin (27/05/2019) SPSI meminta bantuan DPRD Babel untuk mendorong eksekutif fokus terhadap kesejahteraan pekerja. 

"Apakah dengan dana semua akan berjalan lebih mulus? Ya mudah-mudahan, tapi saya tidak mau berandai-andai. Buat saya dana nomor sekian, integritas adalah yang utama," pungkas Darusman.

(Bangka Pos/Muhammad Rizki)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved