Berita Pangkalpinang

UBB dan Pemprov Babel Targetkan 2022 Terbentuk Fakultas Kedokteran di UBB

Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya mempersiapkan pembentukan Fakultas Kedokteran.

UBB dan Pemprov Babel Targetkan 2022 Terbentuk Fakultas Kedokteran di UBB
Bangkapos.com/Krisyanidayati
Rapat bersama dalam persiapan pendirian Fakultas Kedokteran di ruang rapat Romodong, Selasa (28/5/2019) 

BANGKAPOS.COM-- Universitas Bangka Belitung (UBB) dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya mempersiapkan pembentukan Fakultas Kedokteran di UBB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UBB, Nizwan Zukhri mengatakan untuk pendirian Fakultas Kedokteran memang tidak semudah membentuk program studi atau fakultas lainnya.

Pihaknya memang telah memasukkan pembentukan fakultas kedokteran dalam rencana strategis UBB, yang menjadi salah satu syarat pembentukan fakultas. Pihaknya, juga telah melakukan berbagai studi untuk pembentukan ini misalnya mengunjungi universitas yang ada di Jambi.

"Kita mempelajari banyak hal yang harus dipersiapkan, terutama yang berkaitan dengan SDM kita berupaya memasukkan formasi penerimaan PNS tahun ini untuk kedokteran sebagian langkah awal.
fisik bangunan dan hal lainnya termasuk laboratorium dan naskah akademik," kata Nizwan usai rapat bersama dalam persiapan pendirian Fakultas Kedokteran di ruang rapat Romodong, Selasa (28/5/2019).

Selanjutnya, kata Nizwan pihaknya terus mempersiapkan hal-hal lainnya bersama dengan Pemprov Babel. Beruntungnya, kata dia Pemprov Babel banyak mendukung dan membantu dalam pembentukan fakultas kedokteran.

"Kita sadari untuk membuka program studi kedokteran ini kan memang tidak gampang seperti membuka program studi lainnya, Untirta kemarin 5 tahun bary bisa terbentuk. Tapi kita bergerak lebih cepat dan kita beruntung di Babel kita mendapatkan support luar biasa di pemprov, kita mau secepatnya tapi dari pengalaman 4-5 tahun, kita berupaya 2022 sudah ada," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah menyebutkan dirinya telah mengintsruksikan untuk membentuk tim perumusan percepatan Fakultas Kedokteran di UBB. Nantinya, tim perumus ini nantinya akan membentuk kelompok kerja untuk mengerjakan masing-masing tugas dan tanggungjawab sesuai jadwal yang disepakati bersama.

"Kami terus melalukan persiapan untuk menentukan langkah selanjutnya mulai sdari A sampai Z, kita sudah membahas ini secara bersama, menyusun dan menetapkan tim perumus," kata Fatah.

Ditanyai perihal wacana penggabungan antara akademi keperawatan dengan fakultas kedokteran ini, Fatah menyebutkan pihaknya masih tetap berkoordinasi.

"Berkaitan dengan transformasi berbagai kebijakan bisa ditempuh, kita akan koordinasikan dengan pusat, Kemenpan-RB dan BKN, pasti ada marger Akper dengan UBB, mudah-mudahan ini cepat dilaksanakan dan diizinkan," katanya.

Fatah berharap, tahun 2022 fakultas kedokteran ini sudah terbentuk, sehingga nantinya para pelajar Babel yang ingin melanjutkan pendidikan kedokteran tidak perlu lagi ke luar daerah.

Disinggung soal tenaga pengajar, kata Fatah ada beberapa cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan memberikan beasiswa kepada dokter umum pemerintahan untuk melanjutkan studi menjadi spesialis.

"Dokter kita cukup banyak, kalau dilihat perbandingan kebutuhan melayani dengan jumlah dokter sudah terpenuhi, jalan apa yang bisa ditempuh untuk mendapatkan tenaga pengajar akan kita coba dan kita persiapkan sambil menunggu prodi ini dibuka," sebutnya. (Bangkapos.com/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved