Samsung Bedah 46 Rumah dari Target 108 Rumah di Penagan, Kini Guru Ngaji di Penagan Punya Rumah Baru

Samsung Bedah 46 Rumah dari Target 108 Rumah di Penagan, Kini Guru Ngaji di Penagan Punya Rumah Baru

Samsung Bedah 46 Rumah dari Target 108 Rumah di Penagan, Kini Guru Ngaji di Penagan Punya Rumah Baru
Istimewa
Program ‘SamsungCare: Building Homes and Community for Hope 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wasdi dan Munawati adalah warga yang mendapat renovasi rumah yang bekerja sebagai petani, dulu mereka kesulitan menabung untuk biaya pendidikan anaknya karena hasil kerja yang selalu terpakai untuk memperbaiki rumah.

Namun saat ini mereka dapat mengatur prioritas dengan lebih baik, karena dengan kondisi rumah yang sudah layak, upah hasil kerja dapat mereka sisihkan untuk kepentingan lainnya.

Selain Wasdi dan Munawati, ada juga Saparudin yang menempati rumah bersama istrinya, Hamidah. Saparudin adalah seorang pengajar Alquran dan membuka rumahnya untuk anak-anak di lingkungannya untuk mempelajari Alquran bersamanya.

“Sebelum direnovasi, murid-murid saya selalu terganggu dengan banyaknya binatang dari dalam tanah dan serangga, sehingga lama-kelamaan murid saya semakin sedikit,” jelas Saparudin.

Kini, Saparudin bersyukur, “Kondisi rumah kini lebih layak dan nyaman untuk menerima murid. Saya yakin anak-anak senang dan akan lebih banyak anak datang belajar.”

Rumah program ‘SamsungCare: Building Homes and Community for Hope
Rumah program ‘SamsungCare: Building Homes and Community for Hope (Istimewa)

Progam ini disambut baik tidak hanya oleh Wasdi-Munawati atau Saparudin-Hamidah. Banyak penerima manfaat lainnya yang juga menyatakan mengalami peningkatan kualitas hidup yang signifikan, seperti privasi anta ranggota keluarga dan peningkatan kesehatan.

Wasdi, Munawati dan Saparudin, adalah orang-orang desa Penagan Kabupaten Bangka yang beruntung yang merasakan langsung kehadiran Samsung di tengah mereka. Mereka adalah beberapa orang yang rumahnya dibedah dalam program CSR Samsung Care: Building Homes and Community for Hope.

Sudah 46 rumah dari 108 rumah sudah selesai direnovasi dengan fasilitas air bersih dan sanitasi.

Dalam proses pelaksanaan program ‘SamsungCare: Building Homes and Community for Hope’ ini, pemilik rumah juga berkontribusi dalam pembangunan rumahnya sendiri, dengan ikut membangun rumahnya secara swadaya, setidaknya selama 400 jam.

Hal ini merupakan implementasi dari pendekatan pembangunan yang bertumpu pada masyarakat (community based development approach) yang identik dengan kesadaran, keterlibatan, dan kemandirian masyarakat bagi pembangunan mereka sendiri.

Halaman
123
Penulis: Teddy M (tea)
Editor: teddymalaka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved