Mudik 2019

Persiapkan 5 Hal Ini Jika Kamu Mudik Bawa Mobil Pribadi

Pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk menyambut hari raya Lebaran.

Persiapkan 5 Hal Ini Jika Kamu Mudik Bawa Mobil Pribadi
Bangkapos.com/Dok
Antrian kendaraan pemudik yang hendak masuk ke Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung, Selasa (28/5/2019). 

BANGKAPOS.COM – Pulang ke kampung halaman sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk menyambut hari raya Lebaran. Pada momen ini, masyarakat dari berbagai daerah seakan ikut andil demi merayakannya bersama orang tersayang.

Feri Handoyo (40) merupakan salah satunya. Setiap tahun, ia beserta keluarga tak pernah absen untuk melakukan “ritual” ini.

Untuk pilihan transportasi, mobil pribadi jadi andalannya. Alasannya cukup simpel, dengan mengendarai mobil pribadi, ia lebih fleksibel mengatur waktu dan mengeluarkan biaya yang lebih ekonomis dibandingkan menaiki transportasi umum.

Nah, selain dua kelebihan tersebut, mudik dengan mobil pribadi juga perlu persiapan khusus, utamanya adalah menjaga kebugaran tubuh dan merawat performa mobil agar tetap “bandel”.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kompas.com telah merangkum berbagai tips agar mudik dengan mobil pribadi aman dan nyaman, berikut di antaranya.

1. Jaga kondisi tubuh

Menjaga kondisi tubuh sebelum perjalanan mudik merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi tubuh agar tidak cepat kelelahan dan jatuh sakit.

Hendaknya, sehari sebelum berangkat Anda mengistirahatkan tubuh dengan tidur minimal enam sampai delapan jam.

Kemudian pada saat di perjalanan, usahakan untuk melakukan tidur singkat dan bertenaga atau power nap setelah berkendara dua sampai empat jam. Dengan melakukan aktivitas ini, tubuh akan terasa lebih segar dan berkendara pun jadi lebih fokus.

Selanjutnya, penuhi jugaasupan makanan bergizi saat santap sahur dan buka puasa. Jika perlu, Anda bisa pula mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Ilustrasi mudikSHUTTERSTOCK Ilustrasi mudik

2. Jangan mepet mempersiapkan barang bawaan

Pada saat mudik, tentu akan ada banyak barang yang dibawa, misalnya pakaian, buah tangan, atau keperluan barang lainnya. Nah, supaya barang-barang tersebut tidak tercecer atau bahkan tertinggal, ada baiknya Anda tidak mepet dalam mempersiapkan barang bawaan tersebut.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved