Berita Sungailiat

Bambang Patijaya Angkat Seni Musik Tradisional Dambus Lewat Rekor MURI

Saat pemecahan rekor MURI untuk pemain musik Dambus terbanyak tersebut pihaknya mengundang langsung

Bambang Patijaya Angkat Seni Musik Tradisional Dambus Lewat Rekor MURI
Ist/Bambang Pattijaya
Mantan Ketua DPD I KNPI Babel Bambang Pattijaya bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan para pemain Dambus di Babel saat pemecahan rekor MURI pemain Dambus terbanyak. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--- Tokoh Pemuda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Bambang Pattijaya mengapresiasi tulisan Harian Pagi Bangka Pos mengenai Cak Mid sang maestro musik Dambus di Kabupaten Bangka yang membangkitkan musik tradisional Pulau Bangka ini dari mati suri.

Diakui Bambang seni musik tradisional ini harus dilestarikan jangan sampai hilang ditelan zaman.

Oleh karena itu dia juga ikut berupaya untuk melestarikan seni musik tradisional Pulau Bangka ini. 

Bentuk kepedulian untuk melestarikan seni musik Dambus ini ditunjukan Bambang ketika menjabat sebagai Ketua DPD I KNPI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pada perayaan HUT Sumpah Pemuda ke-87 pada tahun 2015, DPD I KNPI Babel ingin mengadakan sesuatu yang bermanfaat untuk mengangkat tema budaya Bangka Belitung. 

Untuk itu diambillah seni musik Dambus, bahkan mereka ingin mengangkat derajat musik Dambus dengan membuat rekor mencatatnya dalam sejarah di Musium Rekor Republik Indonesia (MURI).

"Pada saat itu kami melihat Dambus adalah kesenian yang asli dari Bangka Belitung dan punya nilai jual," ungkap Bambang yang sekarang terjun ke dunia politik sebagai calon anggota legislatif saat berbincang bersama Bangkapos.com, Jumat (31/5/2019) malam.

Saat itu pihaknya dari DPD I KNPI Babel melakukan pendataan se Bangka dan Belitung ada  sebanyak 127 pemain Dambus.

"Kemudian yang kami perlukan hanya 87 jadi sesama mereka sendiri ada koordinatornya, lalu dilakukan latihan beberapa kali. Kenapa mendaftar ke MURI karena pada saat itu kami merasa perlu hal yang fenomenal dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yabg ke-87," jelas Bambang.

Saat pemecahan rekor MURI untuk pemain musik Dambus terbanyak tersebut pihaknya mengundang langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi. 

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved