Kriminalitas

Kurir Bawa Sabu 6 Kg dari Batam, Kemas di Jambi Lalu Tertangkap di Bangka

Nurdin menceritakan ini bukan kali pertama mereka membawa sabu ke Pulau Bangka dari Batam.

Kurir Bawa Sabu 6 Kg dari Batam, Kemas di Jambi Lalu Tertangkap di Bangka
Bangka Pos/Deddy Marjaya
Press Release pengungkapan narkoba di BNN Kota Pangkalpinang Sabtu (1/6/2019). 

BANGKAPOS.COM -- Tiga tersangka diamakan oleh tim gabungan karena membawa narkoba jenis sabu seberat total 6 Kg di Kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka Barat.

Nurdin merupakan pimpinan kurir serta dua rekannya Markalah dan Burhan. Mereka tertangkap kemarin Jum'at (31/5/2019). Saat konfrensi pers di BNN Kota Pangkalpinang Sabtu (1/6/2019) Nurdin menceritakan ini bukan kali pertama mereka membawa sabu ke Pulau Bangka dari Batam. Sebelumya Nurdin dan Burhan membawa pesanan 1 Kg sabu ke Bangka bulan lalu.

Nurdin menceritakan setelah mendapatkan order di Batam melalui telepon ia kemudian mengajak Burhan dan Markalah. Jalur yang mereka gunakan dari Batam menyeberang ke wilayah Riau kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Jambi menggunakan angkutan umum. Di Jambi mereka merental mobil sedan yang juga mereka gunakan saat membawa 1 Kg sabu ke Bangka.

"Dari Batam lalu ke Rumah dan ke Jambi kami pakai angkutan umum baru pas di Jambi kita pakai mobil rental yang pernah kita pakai pada pengiriman pertama," kata Nurdin

Selanjutnya di Jambi lah mereka menyembunyikan 6 bal kemasan sabu dengan total 6 kilogram ke bakik door trime pintu mobil. Sebanyak 3 bal dimasukkan kedalam pintu belakang sebelah kiri dan sisanya 3 bal di pintu belakang sebelah kanan.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke Palembang untuk mencapai Pelabuhan Tanjung Siapi Api. Selanjutnya baik kapal penyeberangan Fery menuju Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat.

'Sama kayak ngirim pertama di Jambi baru sabu nya kita sembunyikan di balik pintu mobil," kata Nurdin.

Sementara itu Kepala BNN Kota Pangkalpinang Iklas Gunawan mengatakan pihaknya setelah mendapatkan informasi akan ada pengiriman sabu dari Batam akan masuk ke Bangka sudah berkoordinasi dengan pihak otoritas KSOP Pelabuhan Tanjung Kalian. Kemudian berhasil mengamankan sesaat tiba.

Ketiga tersangka mobil langsung dibawa ke Pangkalbalam Pangkalpinang. Ini dilakukan mengingat kondisi yang tidak memungkinkan melakukan penggeledahan di Tanjung Kalian.

Selanjutnya di Pangkalbalam Pangkalpinang Nurdin diminta membongkar door trime 4 pintu mobil. Namun hanya dibagian pintu belakang yang ada narkobanya masing masing 3 bal atau total 6 ball dengan berat 6 kilogram keseluruhan.

"Mereka kurir asal Aceh yang menetap di Batam," kata AKBP Iklas Gunawan

(Bangka Pos/Deddy Marjaya)

Penulis: deddy_marjaya
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved