Mudik Jarak Jauh? Coba Bawa Bola Tenis Sob, Ini Manfaatnya Menurut Ahli

Menjelang hari raya Idul Fitri atau Lebaran, di Indonesia kita mengenal tradisi mudik, yaitu merantau kembali ke kampung halaman.

Mudik Jarak Jauh? Coba Bawa Bola Tenis Sob, Ini Manfaatnya Menurut Ahli
Nuts
Bola tenis 

BANGKAPOS.COM-- Mudik lebaran menjadi momen yang ditunggu-tunggu para perantau saat lebaran.

 Apalagi mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, di Indonesia  sudah menjadi tradisi yakni pulang ke kampung halaman.

Tujuannya tentu untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan sanak keluarga, meski menempuh perjalanan yang sangat jauh dan melelahkan.

Sebelum menempuh perjalanan jauh, baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, tentu mempersiapkan segala hal yang bakal kalian butuhkan, seperti pakaian, dompet, ponsel, dan lainnya.

Tapi tahu nggak sih, ada barang lain yang sebaiknya kalian bawa juga saat perjalanan jauh yang bisa berguna bagi tubuh, yaitu bola tenis.

Kedengarannya memang aneh, tapi kenapa bola tenis?

Seorang ahli bedah dari London, dr Ali Ghoz, merekomendasikan untuk membawa benda padat yang umumnya berwarna hijau ini, apalagi saat berpergian dengan kendaraan umum yang nggak memungkinkan selalu leluasa untuk bergerak atau berpindah posisi.

“Bola tenis merupakan alat yang sempurna untuk melakukan peregangan di tengah-tengah penerbangan yang panjang dan memijat simpul dan nyeri otot yang menyakitkan. Karena di pesawat tak akan leluasa melakukan peregangan,” jelasnya

Tingkatkan sirkulasi di tubuh dengan menggulirkan bola tenis di titik-titik yang memerlukan peregangan seperti dari bahu dan turun ke arah kaki.

Dengan bola tenis, kalian dapat membuat tekanan-tekanan sesuai yang diinginkan di titik-titik yang membutuhkan sehingga otot yang terasa kencang akan mengendur.

Namun jangan khawatir kalau nggak bawa bola tenis, ada tips lain yang diberikan. 

"Jika nggak memiliki bola tenis untuk membuat pijatan, kamu dapat menggunakan tangan untuk menggerakkan otot-otot dari pergelangan kaki ke atas, yang akan membuat darah mengalir kembali ke jantung," lanjutnya.

Selain memijat sendiri titik-titik yang kencang, Ghoz menyarankan untuk meminum air secara teratur untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi yang juga bermanfaat bagi otot. 

Namun, asupan air harus dijaga juga supaya nggak terlalu sering buang air kecil yang mungkin akan mengganggu perjalanan atau penumpang di sebelah.

Artikel ini telah tayang di https://hai.grid.id/read/071746959/mudik-jarak-jauh-coba-bawa-bola-tenis-sob-ini-manfaatnya-menurut-ahli

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved