Dinkes Bateng Cek Kesehatan Pengemudi Jelang Lebaran

Pemerintah Daerah Bangka Tengah melakukan kegiatan Terintegrasi untuk mengecek kesehatan paea Supir di Bangka Tengah.

Dinkes Bateng Cek Kesehatan Pengemudi Jelang Lebaran
Bangka Pos
Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Bahrun Siregar Sutrisno memantau kegiatan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Daerah Bangka Tengah melalui Dinas Kesehatan bersama Dinas Perhubungan, Badan Narkotika Bangka Tengah dan Polres Bangka Tengah melakukan kegiatan Terintegrasi untuk mengecek kesehatan paea Supir di Bangka Tengah.

Menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah, lalu lintas transportasi akan dipenuhi dengan para pemudik yang hendak pulang kampung dan juga arus balik setelah Idul Fitri.

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2004 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Terpadu, Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan berperan dalam mengkoordinasikan pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan yang terletak di jalur mudik.

Di Kabupaten Bangka Tengah, kegiatan pemeriksaan kesehatan terhadap faktor risiko pentakit tidak menular (PTM) dilakukan di empat titik lokasi yakni di Pos Pengamanan Arung Dalam, Pos Cambai, Pos Simpangkatis dan Pos Pelabuhan Sungaiselan.

Sasaran utama dalam kegiatan ini adalah para pengemudi angkutan umum, angkutan barang dengan muatan berat, nakhoda dan beberapa ABK kapal yang akan mengangkut para penumpang ke wilayah tujuan masing-masing.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan pada penumpang yang sedang menunggu jadwal keberangkatan di pelabuhan. Dari pemeriksaan ini diharapkan dapat membantu mendeteksi secara dini risiko kesehatan khususnya PTM yang dapat memicu terjadinya angka kecelakaan lalu lintas  serta meminimalisir angka kesakitan dan kematian akibat PTM.

Pemeriksaan urine narkoba bahkan tak luput dilakukan dengan bekerjasama dengan BNK Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menyampaikan dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pengemudi selalu dalam kondisi sehat sehingga pekerjaannya berjalan dengan aman dan lancar.

Dirinya juga berterimakasih kepada semua petugas yang telah ikut serta melakukan kegiatan pemeriksaan yang ada di Bangka Tengah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Bahrun Siregar Sutrisno menyebutkan kegiatan ini sengaja dilaksanakan tiap tahun menjelang lebaran dan arus balik yang berguna untuk menjaga kesehatan para pengemudi angkutan umum.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved